Kuil Indah Tersembunyi di Kyoto, Iwashimizu-Hachimangu!

30 1月 2020, 6.24 am / By : Gita Siwi

Jika teman-teman mendengar kata Kyoto, apa yang terbayang di benak teman-teman? Kyoto adalah salah satu wilayah terkenal di Jepang yang ramai dikunjungi turis karena banyaknya tempat wisata yang berbudaya kental Jepang. Sebut saja, kuil-kuil Shinto dan Budha yang banyak berdiri di sana dan pasti namanya sering teman-teman dengar seperti Kiyomizu-dera atau Fushimi Inari Taisha.

Apakah teman-teman pernah mendengar tentang Iwashimizu-Hachimangu? Kuil Shinto yang berada di Yawata, Kyoto ini adalah salah satu dari tiga kuil Hachimangu utama yang ada di Jepang. Kuil ini didekasikan untuk Dewa yang bertugas melindungi negara.

Iwashimizu-Hachimangu (石清水八幡宮)
Alamat    : 30 Yawata, Kyoto 614-8588, Japan
Telepon  : +81 75-981-3001
Jam Operasional   : Setiap hari. 8.30 – tutup.
Akses      : Keihan Line à Iwashimazu Hachimangu Station à Otokoyama Cable Car à Berjalan kaki 20 menit.
Biaya masuk          : Gratis
URL          : http://www.kyototourism.org/en/sightseeing-info/95.html

Menuju ke Puncak Gunung dengan Cable Car

Iwashimizu-Hachimangu terletak di atas Gunung Otokoyama. Untuk menuju ke sana, teman-teman dapat menaiki Otokoyama Cable Car dengan biaya 200 yen per orang. Walau perjalanan dengan cable car ini terasa singkat, teman-teman dapat menikmati indahnya pegunungan di pinggir Kyoto yang asri! Jika teman-teman berkunjung di waktu yang tepat, teman-teman dapat naik Cable Car yang dikelilingi daun-daun momiji yang mempesona.

Kuil di Tengah Hutan Rindang

Komplek Iwashimizu-Hachimangu terdiri dari berbagai bangunan yang dikelilingi hutan lebat. Termasuk juga hutan bambu! Karena letaknya yang di atas gunung, tempat ini jauh dari kebisingin kota. Kita dapat berjalan santai, mengambil napas dengan udara segar, ditemani suara burung.

Di dekat bangunan utama kuil, ada satu jalan lurus yang dipenuhi dengan lentera dari batu. Lentera yang berjumlah lebih dari 500 ini bersinar lembut pada pagi dan sore hari, membimbing para pengunjung untuk berjalan menuju bangunan utama kuil.

Edison Memorial

Ada satu hal unik di komplek kuil ini, yaitu adanya monumen yang ditujukan untuk Thomas Alva Edison. Edison yang terkenal sebagai pencipta bola lampu ini pernah menggunakan bambu dari komplek Iwashimizu-Hachimangu untuk membuat filamen bola lampu pertamanya pada tahun 1880. Setiap tahun, Iwashimizu-Hachimangu mengadakan festival untuk memperingati hari kelahiran dan kematian Edison.

Memandang ke Ujung Langit Kyoto

Sebelum turun dari gunung, sempatkan diri teman-teman untuk mampir di bukit observasi yang ada di komplek Iwashimizu-Hachimangu. Dari bukit ini, teman-teman dapat melihat seluruh pemandangan Kyoto! Tempat ini dipenuhi dengan pohon-pohon rindang yang akan memekarkan bunga sakura di musim semi dan momiji di musim gugur.

Tempat Wisata Tersembunyi

Jika teman-teman ingin mencoba mengunjungi kuil yang sedikit berbeda dan tersembunyi, tidak ada salahnya berkunjung ke Iwashimizu-Hachimangu. Cobalah berkunjung pada saat musim semi atau musim gugur, di mana hutan-hutan yang mengelilingi kuil akan lebih dapat menampilkan keindahannya untuk menyambut teman-teman semua!

Related Post

Leave your comment