Menyantap Tsukemono Lezat di Kafe Tsukemono by Kawamuraya(河村屋)

13 7月 2019, 10.22 am / By : Gita Siwi

Teman-teman, apakah tahu tentang makanan Jepang yang bernama tsukemono? Tsukemono adalah acar Jepang, yaitu berbagai macam sayuran, buah, dan ikan yang diawetkan dengan cara direndam dengan air garam atau bumbu lainnya. Tsukemono di Jepang biasanya disajikan sebagai pendamping nasi, snack ketika minum alkohol, dan penghias makanan.

Pada artikel kali ini, saya ingin menceritakan kunjungan saya ke Kafe Tsukemono yang ada di Saitama, Jepang. Sepertin namanya, kafe ini menyajikan berbagai menu tsukemono yang diproduksi langsung di toko dan produsen tsukemono “Kawamuraya”, yang berada tepat di samping kafe!

Kafe Tsukemono sendiri adalah kafe yang dibuka secara terbatas, hanya dalam periode tertentu. Tapi teman-teman tidak perlu khawatir kehabisan tsukemono. Teman-teman bisa langsung masuk ke “Kawamuraya” untuk mencoba dan membeli tsukemono, atau bahkan melakukan study tour untuk melihat cara pembuatan Tsukemono!

Kawamuraya Main Store
Alamat : 1125-6 Besshochō, Kita-ku, Saitama-shi, Saitama-ken 331-0821
Jam Operasional : 10.00 – 18.00, libur 1 sampai 3 hari setiap bulannya
Akses : 10 menit dengan bus dari Stasiun Miyahara
Biaya masuk : Gratis
URL : https://www.kawamuraya.co.jp/

Hidangan dengan Tsukemono!

Seperti dijelaskan di atas, Kafe Tsukemono by Kawamuraya ini adalah kafe yang beroperasi hanya dalam periode tertentu. Tahun ini, kafe ini buka pada saat Golden Week! Selain masa liburan, kafe juga ikut memperingati bergantinya zaman Heisei ke zaman Reiwa.

Menu yang disajikan tentu saja berkaitan dengan tsukemono. Kali ini, saya mencoba dua menu yaitu Rost Beef-Don dengan saus acar bawang bombay spesial dan Chicken Namban-Don dengan saus acar bawang bombay spesial serta saus tartar.

Rost Beef-Don adalah menu Don dengan nasi yang diselimuti daging panggang. Sangat disarankan untuk menambahkan telur di atasnya! Sedangkan Chicken Namban-Don adalah menu ayam dengan nasi merah. Ayamnya sungguh lunak dan sangat cocok disantap dengan tsukemono pendampingnya.

Teman-teman harus coba juga acar bawang bombay di kafe ini! Dengar-dengar, acar bawang bombay itu sangat jarang dan merupakan salah satu menu original dari Kawamuraya. Ada juga menu tambahan lainnya, seperti menu Kimchi, Keju, dan Nori yang saya pesan. Teman-teman memakannya dengan membungkus keju dan kimchi dengan nori. Rasanya gurih dan meresap di lidah!

Jangan Lupa Hidangan Penutup!

Setelah puas menyantap hidangan penuh dengan tsukemono lezat, saatnya memesan hidangan penutup! Saya memesan Sfogliatella dengan bubuk mirin dan Bavarois depak padi spesial rasa Chocola Orange. Keduanya tentu sangat enak!

Mampir Juga ke Kuil Hikawa

Tsukemono sudah, hidangan lezat sudah! Jika teman-teman masih ada waktu, teman-teman bisa sekalian mampir ke Kuil Hikawa. Kuil ini berada di dekat Stasiun Omiya, salah satu pintu masuk ke perfektur Saitama.

Kuil Hikawa di Saitama adalah salah satu kuil terkenal di Jepang. Kuil ini biasanya akan ramai dipenuhi oleh penduduk Saitama ketika memperingati tahun baru di Jepang.

Kuil Hikawa
Alamat : 1−407 Takahana-cho, Omiya-ku, Saitama 330-0803
Jam Operasional : Setiap hari, 05.30 – 17.30 (Maret, April, September, Oktober), 05.00 – 18.00 (Mei – Agustus), dan 06.00 – 17.00 (November – Februari)
Akses : 20 menit berjalan kaki dari stasiun Omiya, atau 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Kita-Omiya.
Biaya masuk : Gratis
URL : http://musashiichinomiya-hikawa.or.jp/

Related Post

Leave your comment