Menengok Hewan-Hewan Lucu di Kebun Binatang Ueno

7 7月 2019, 1.01 pm / By : Gita Siwi

Di tengah pusat kota Tokyo, terdapat satu taman terkenal yang bernama Taman Ueno. Nah, Taman Ueno ini dapat menjadi salah satu tujuan teman-teman ketika berkunjung ke Tokyo. Di area Taman Ueno terdapat berbagai macam tempat menarik, yang salah satunya adalah tempat yang akan kita bahas dalam artikel kali ini : Kebun Binatang Ueno!
Kebun Binatang Ueno (上野動物園) adalah kebun binatang tertua di Jepang yang didirikan pada tahun 1882. Saat ini, kebun binatang seluas 14,3 hektar ini menjadi rumah bagi 3000 ekor lebih hewan dari 400 jenis spesies. Termasuk diantaranya adalah Giant Panda, yang menjadi salah satu binatang icon dari Kebun Binatang Ueno.

Kebun Binatang Ueno (Ueno Zoo, 上野動物園)
Alamat : 9-8-3 Uenokoen, Taito-Ku, Tokyo 110-8711
Telepon : 03-3828-5171
Jam Operasional : 09.30 – 17.00 (penjualan tiket sampai pukul 16.00. Tutup setiap hari Senin dan pada 29 Desember – 1 Januari)
Akses : 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Ueno
Biaya masuk : 600 yen (dewasa), 300 yen (manula 65 tahun ke atas), 200 yen (murid umur 13 – 15 tahun), gratis untuk anak-anak umur 0 – 12 tahun.
URL : https://www.tokyo-zoo.net/zoo/ueno/, https://www.tokyo-zoo.net/english/index.html

Menengok Keluarga Giant Panda yang Imut!

Hal pertama yang harus teman-teman lakukan ketiba masuk ke Kebun Binatang Ueno adalah: mengantri untuk melihat para Giant Panda! Ya, teman-teman harus mengantri untuk melihat hewat imut berwarna putih dan hitam ini karena sangat banyak pengunjung yang ingin melihat kelucuan mereka. Tergantung hari teman-teman berkunjung, teman-teman terkadang harus mengantri sampai satu jam! Bekali diri dengan minuman agar tidak capai ketika mengantri.

Ada 3 ekor Giant Panda di Kebun Binatang Ueno, yaitu jantan bernama Ri Ri, betina bernama Shin Shin, dan anak panda betina yang baru saja lahir dari keduanya pada tahun 2017 lalu yaitu Xiang Xiang. Detail dari keluarga Giant Panda ini dapat teman-teman cek di website khusus, yaitu: https://www.ueno-panda.jp/

Siapkan Kamera untuk Mengabadikan Momen-Momen Spesial

Jika teman-teman sempat berkunjung ke Kebun Binatang Ueno, pasti teman-teman dapat melihat para pengunjung yang membawa kamera besar untuk mengabadikan berbagai macam tingkah hewan. Selain Giant Panda, masih banyak hewan-hewan lain yang patut teman-teman tengok dan nikmati kelucuannya.

PDF link : Kebun Binatang Ueno PDF map

Ada hewan-hewan dari Jepang, rumah burung dan reptil, Gorila, Macan Sumatera, Gajah, Beruang, Penguin, Beruang Kutub, Jerapah, Kuda Nil, dan masih banyak lagi! Menurut pengalaman saya, teman-teman setidaknya perlu setengah hari penuh untuk menikmati semua hewan dan atraksi di kebun binatang ini.

Selain hewan-hewan, kebun binatang juga menyediakan cafetaria serta toko oleh-oleh yang tersedia di penjuru kebun binatang. Ada juga monorail pertama di Jepang, menghubungkan area timur dan barat kebun binatang.

Menjaga Ketertiban Bersama

Kebun Binatang Ueno cocok untuk teman-teman yang ingin bersantai sejenak dari hiruk pikuk kota Tokyo. Hewan-hewan lucu yang ada di sini dijamin dapat membuat teman-teman lebih rileks dan mengeluarkan senyum.
Eits, tetapi ingat teman-teman harus tetap mematuhi peraturan-peraturan yang ada di kebun binatang agar tidak mengganggu pengunjung lain atau para hewan yang tinggal di situ. Beberapa peraturan yang harus teman-teman ingat adalah:

1. Jangan mengeluarkan suara nyaring.
Hal ini terutama berlaku di area hewan yang sensitif dengan suara. Bicaralah dengan suara pelan dan tidak berisik.

2. Tidak memberi makan hewan, termasuk hewan liar seperti burung, di area kebun binatang.
Jangan memberikan makanan kepada burung dara yang sering terbang di area ini, ya ☺

3. Tidak menggunakan kamera dengan cahaya flash
Peraturan ini berlaku di seluruh area kebun binatang, termasuk rumah Giant Panda dan semua fasilitas lainnya. Pastikan flash kamera teman-teman sudah di-off-kan sebelum mengambil foto.

4. Dilarang merokok
Seluruh area kebun binatang adalah area bebas asap rokok.

Selalu patuhi peraturan yang ada dan mari menengok para hewan-hewan lucu di Kebun Binatang Ueno! Dan satu lagi tips spesial, teman-teman dapat masuk secara GRATIS ke Kebun Binatang Ueno pada hari-hari tertentu, yaitu pada 20 Maret (Ulang Tahun Kebun Binatang Ueno), 4 Mei (Hari Hijau), dan 1 Oktober (Hari Penduduk Tokyo). Catat tanggalnya, ya!

Related Post

Leave your comment