Acara Musiman Tahun Baru Jepang! Yuk, Nonton Dezomeshiki oleh Pemadam Kebakaran!

10 4月 2019, 8.29 am / By : BON-BON

Apa itu Dezomeshiki?

Dezomeshiki adalah upacara yang diadakan oleh stasiun dan pasukan pemadam kebakaran setiap awal bulan Januari.

Pada upacara tersebut, kita dapat melihat kondisi latihan “pemadaman” dan “penyelamatan” oleh stasiun dan pasukan pemadam kebakaran.
Latihan ini diperlihatkan dengan tujuan meningkatkan kesadaran warga akan pecegahan bencana.

Dezomeshiki diadakan setiap tahun di setiap daerah di Jepang sebagai acara tahunan awal tahun. Upacara ini bahkan sampai ditayangkan di televisi dan menjadi artikel di koran. Kali ini, saya ingin memperkenalkan “Dezomeshiki Pemadam Kebakaran Kota Kobe” yang diadakan di Meriken Park, Kobe pada 6 Januari 2019.

Dezomeshiki Pemadam Kebakaran Kota Kobe

Latihan pemadaman oleh pasukan pemadam kebakaran

Kita dapat melihat latihan pemadaman oleh pasukan pemadam yang terdiri dari warga kota anak-anak. Pasukan menyemprotkan air ke target yang ada di tempat jauh, dan berhasilkan menjatuhkan target tersebut. Para pasukan bergerak dengan semangat, sehingga terlihat bahwa ini adalah hasil latihan yang teratur.

Parade mobil pemadam dan ambulans

Parade dimulai di alun-alun, banyak mobil pemadam kebakaran muncul! Semua mobil pemadam kebakaran di Jepang berwarna merah.

Mobil pemadam banyak jenisnya, seperti mobil tangga dan mobil pompa, serta mobil pemadam khusus untuk kebakaran dari kecelakaan ilmiah. Sembari diumumkan namanya, mobil ini muncul satu persatu ke alun-alun.

Ambulans juga muncul satu persatu. Semua ambulans di Jepang berwarna putih. Ngomong-ngomong, ketika teman-teman ingin memanggil mobil pemadam kebakaran atau ambulans di Jepang, teman-teman bisa menghubungi nomor “119”!

Latihan penyelamatan darurat dengan helikopter

Ada juga latihan menyelamatkan orang terluka dengan helikopter. Pada foto di atas, terlihat petugas pemadam kebakaran yang menggendong orang terluka, ditarik ke atas dengan tali.

Seperti yang teman-teman lihat, helikopter terbang setinggi bangunan. Gerakan petugas yang terjun dan memanjat tali di ketinggian ini patut kita beri skor sempurna! Saya yang melihat saja sampai keringat dingin…

Pertunjukan taiko oleh petugas pemadam kebakaran

Setelah itu, dimulailah pertunjukan taiko (drum Jepang yang terbuat dari kayu dan kulit binatang) oleh petugas pemadam kebakaran. Tergantung daerahnya, ada juga petugas yang mempertunjukkan pertunjukkan tradisional bernama “hashinogori” (pertunjukkan akrobat dari atas kursi tinggi).

Issei Housei

Ketika pertunjukkan taiko berlangsung, mobil pemadam juga mulai menyemprotkan air. Air yang disemprotkan dari mobil pemadam bergerak naik turun, seakan terlihat seperti burung yang mengepakkan sayap.

Menurut penjelasan dari Pasukan Pemadam Kebakaran Kota Kobe, semprotan air ini bernama “Semprotan Phoenix” yang mengekspresikan burung abadi. Kita biasanya tidak berkesempatan melihat hal ini, tapi saya baru tahu banyak air bisa keluar dari mobil pemadam!

Di ujung alun-alun, petugas mulai menyemprotkan air menuju laut.

Dari laut juga muncul kapal pemadam kebakaran yang mulai menyemprotkan air. Pemandangan Dezomeshiki yang dapat kita lihat di kota pelabuhan, Kobe!Air ini berasal dari laut juga, sehingga jumlahnya sangat banyak!

Setelah melakukan Issei Housei (penyemprotan air secara bersamaan), Dezomeshiki kali ini selesai.

Akhir kata

Bagaimana pemandangan Dezomeshiki ini? Setelah mengunjungi Dezomeshiki ini dan melihat gerakan semangat dari petugas pemadam dan berbagai macam fungsi dari mobil pemadam, saya merasa pemadam kebakaran kita sangat bisa diandalkan.

Di Jepang ada kata-kata, “satu batang korek penyebab kebakaran”. Musim dingin di Jepang membuat cuaca kering sehingga kebakaran mudah terjadi. Berhati-hatilah dengan penggunaan api. Lalu, ketika ada kejadian di mana teman-teman harus memanggil pemadam atau ambulans di Jepang, segera hubungi “119”!

Penerjemah : Gita Siwi

Related Post

Leave your comment