Sensuijima, Pulau dengan Kecantikan yang Memabukkan

24 1月 2019, 5.46 am / By : SHUN TOMINAGA

Sensuijima, daerah alami yang belum tersentuh


↑ Stasiun kapal feri di Tomo no Ura. Kapal feri berangkat tiap 20 menit sekali. Keberangkatan bisa ditiadakan tergantung cuaca, jadi cek keadaan terlebih dahulu.

Jika berbicara tentang pulau-pulau yang berada di sekitar Hiroshima, yang terbayang oleh sebagian besar orang Jepang pasti adalah pulau Miyajima (Itsukushima). Tidak hanya Miyajima, masih ada sekitar 26 pulau lain yang berada di sekitar Hiroshima (menurut definisi 1 m² oleh Geospatial Information Authority of Japan <http://www.gsi.go.jp/ENGLISH/index.html) Salah satu di antaranya adalah Sensuijima yang terletak di Fukuyama-shi, prefektur Hiroshima, yang akan すかSUKI bahas kali ini.

Tempat ini bisa dicapai hanya dalam 5 menit menggunakan feri dari Tomo no Ura yang berada di Fukuyama-shi, prefektur Hiroshima. Sesuai dengan namanya, pulau ini benar-benar membuat mabuk karena kecantikannya! (dalam huruf kanji, “Sensuijima/仙酔島” memiiliki arti “pulau dengan kecantikan yang memabukkan petapa”) Tempat ini berada di tengah taman nasional Setonaikai. Setonaikai merupakan taman yang ditetapkan sebagai taman nasional pertama di Jepang pada tahun 1934. Selain Ise Jingu dan Izumo Taisha, Sensuijima juga dianggap sebagai “power spot”-nya orang Jepang, lho!


Seperti yang telah dijelaskan di atas, kalian dapat mencapai Sensuijima hanya dalam 5 menit dengan menaiki feri dari Tomo no Ura.
Saat itu, SすかUKI berkesempatan untuk menaiki kapal yang bernama Heise Irohamaru. Benar-benar nama yang khas Jepang. Kapal ini didesain menyerupai kapal yang digunakan oleh Sakamoto Ryoma yang tenggelam saat bertabrakan dengan kapal Kyushu-han (nama klan).


↑ Ada roda kemudi! Ingin merasakan jadi nakhoda selama 5 menit?

Tomo no Ura, Fukuyama Shiei Tosenba
Alamat : Tomochotomo, Fukuyama-shi, Hiroshima-ken
Jam operasional : 7:10 – 21:30
Harga tiket kapal : 240 yen (dewasa), 120 yen (anak-anak)

 

Ayo mengelilingi power spot!

Hingga tahun 2018, ada 4 jalur jalan kaki yang bisa digunakan di Sensuijima.
Semua jalur membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Jadi jika kalian berencana untuk berkeliling, jangan lupa untuk memperkirakan waktu pulang, ya!

Begitu turun dari dermaga, kalian akan langsung melihat terowongan batu. Ketika tiba di Sensuijima, すかSUKI merasakan atmosfer yang unik. Saat melewati terowongan batu tersebut, rasanya seperti sedang berada di dunia lain!

Gambar di atas adalah jalanan di sepanjang laut. Sambil berjalan-jalan, terdengar suara deburan ombak. Bebatuan pun setia pada tempatnya. Turis yang mengunjungi pulau ini tergolong sedikit, tetapi justru karena itulah kalian bisa menikmati “me time” dengan khusyuk tanpa terganggu. Mau datang sendirian atau bersama pasangan, pasti menyenangkan!

Senja di Sensuijima

Karena kapal feri terakhir tersedia di pukul 21:35, すかSUKI merekomendasikan kalian untuk melihat senja sebelum pulang.
Pulau dengan “power spot” yang masih alami ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang cantik. Pemandangan tersebut tidak hanya sekadar memanjakan mata, tetapi juga hati, lho!

 

Melihat berbagai wajah pulau dari terbenamnya matahari

30 menit sebelum matahari terbenam, langit dan laut bersapukan warna emas.

Ketika matahari perlahan terbenam, cahaya latar akan memperlihatkan siluet pulau yang indah. Langit pun menciptakan gradasi warna biru dan orange yang cantik.

Setelah matahari benar-benar tenggelam, langit dipenuhi dengan warna orange kuat yang terkesan sedikit menakutkan. Saat melihatnya, すかSUKI langsung teringat dengan sebuah cerita yang menyebutkan bahwa ketika kalian melihat seseorang yang cantik, orang itu sebenarnya juga memiliki sisi yang menakutkan.

Tidak hanya petapa, kalian juga akan mabuk dengan pesona Sensuijima!

Bagaimana menurut kalian dengan Sensuijima “pulau dengan kecantikan yang memabukkan petapa” ini? Jika kalian mencoba ke Sensuijima sekali saja, kalian pasti akan langsung benar-benar mabuk dengan pesona yang dimilikinya! Kalian tidak perlu langsung pulang ke rumah, karena di Sensuijima ada penginapan dan onsen yang bisa dinikmati. Selain itu, kalian juga dapat menikmati laut Setonaikai dan pesona pulau lebih dalam.

Cobalah datang dan rasakan pesonanya yang dahsyat!

Sensuijima
Alamat : Tomochoshiroji, Fukuyama-shi, Hiroshima-ken
URL : http://www.tomonoura.co.jp/sen/

Penerjemah : Erlinda Dwi Yulianti

Related Post

Leave your comment