Jepang Memperbanyak Penerimaan Pekerja Asing Mulai Bulan April 2019

27 12月 2018, 6.30 am / By : Yasuyuki Miyashita

Akhir-akhir ini, jumlah pelajar asing yang bekerja paruh waktu dan trainee yang bekerja untuk mendapatkan suatu skill di Jepang semakin bertambah. Para pelajar dan trainee ini bekerja di berbagai macam tempat. Hal utama yang harus dilakukan seorang pelajar asing adalah belajar. Trainee pun sama. Walau jumlahnya bertambah, tujuan utama seorang trainee adalah mempelajari skill di Jepang, di mana skill tersebut tidak bisa dipelajari di negaranya sendiri. Trainee lalu akan kembali ke negaranya dan menggunakan skill tersebut sebaik mungkin. Artinya, Jepang tidak menerima para pelajar asing dan trainee sebagai pekerja di Jepang.

Saat ini Jepang mengalami penurunan angka kelahiran sehingga jumlah populasi muda yang dapat bekerja semakin menurun. Jumlah pekerja asing di Jepang sekarang, termasuk pelajar asing dan trainee, kurang lebih ada 1.280.000 orang. Jumlah ini pun masih terbilang kurang. Oleh karena itu pada 8 Desember 2018, Jepang merevisi hukum “Kontrol Imigrasi dan Tindakan Pengenalan Pengungsi” dan memutuskan bahwa Jepang akan menerima lebih banyak pekerja asing mulai bulan April 2019.

Status of Residence Baru, “Tokutei Ginou”*

1. Bidang Pekerjaan untuk Pekerja Asing

・Hanya untuk bidang pekerjaan yang kesulitan untuk mendapatkan seorang pekerja Jepang, sehingga diperlukan seorang pekerja asing.
Ada banyak bidang pekerjaan di Jepang, dan Jepang terutama akan menerima pekerja asing untuk bidang industri atau bisnis yang kekurangan pekerja.
*Tokutei Ginou: nama status of residence atau visa baru yang berlaku di Jepang. Memiliki arti “keahlian khusus”.

2. Pekerja yang Dapat Diterima

①Status of residence yang diperuntukkan untuk orang luar negeri yang memiliki pengetahuan atau pengalaman cukup dalam bidang pekerjaan yang diperlukan → “Tokutei Ginou No. 1”
・Dapat bekerja di Jepang paling lama 5 tahun
・Tidak dapat membawa keluarganya ke Jepang

②Status of residence yang diperuntukkan untuk orang luar negeri yang memiliki banyak pengetahuan atau pengalaman dalam bidang pekerjaan yang diperlukan → “Tokutei Ginou No. 2”
・Batas waktu bekerja dapat diperpanjang, sehingga dapat menetap di Jepang
・Dapat membawa keluarganya ke Jepang

Ada dua jenis status of residence baru. Jika kita bandingkan, ① adalah untuk pekerjaan yang mudah dan ② untuk pekerjaan yang lebih susah dan memerlukan keahlian serta pengalaman. Perubahan ini telah ditetapkan dalam peraturan, tetapi detailnya sendiri belum diundangkan dalam peraturan tersebut. Selanjutnya, pemerintah Jepang berencana untuk mengumumkan detail cara pelaksanaan peraturan ini secara berkala.

Sudah banyak orang asing yang bekerja di Jepang. Untuk Anda yang juga ingin bekerja di sana, berubahnya peraturan ini menjadi kesempatan yang bagus. Akan tetapi, akhir-akhir ini jumlah pelajar asing dan trainee yang semakin bertambah juga menimbulkan berbagai macam kasus, seperti pelajar asing yang terus-menerus bekerja paruh waktu dan trainee yang meminta gaji lebih tinggi. Banyak diantara orang Jepang yang tidak setuju dengan peraturan baru ini karena khawatir pekerjaan orang Jepang akan menghilang dan jumlah kriminalitas meningkat. Sangat penting untuk menjaga hubungan kita dengan orang Jepang, agar semua tetap senang dan tidak ada masalah.

Lalu, kehidupan di Jepang akan terasa sulit jika Anda kurang bisa berbahasa Jepang. Perusahaan tempat Anda bekerja pasti akan mendukung Anda, tetapi diperlukan juga dukungan dari tempat tinggal dan lingkungan sekitar Anda. Tetapi, perbedaan daerah dengan dukungan tinggi dan dukungan rendah sangat terasa di Jepang.

Seperti yang telah すかSUKI sampaikan dalam artikelnya, sebelum Anda pergi ke Jepang pastikan untuk selalu mencari tahu informasi tentang Jepang, pastikan hal-hal yang ingin Anda lakukan di Jepang, dan pikirkanlah baik-baik kehidupan serta karir Anda setelah mendapatkan pengalaman di Jepang. Jangan sampai Anda kebingungan dan kesusahan di Jepang karena tidak memikirkan matang-matang hal di atas.

Karena detail pelaksanaan peraturan ini belum diundangkan, kali ini すかSUKI hanya menjelaskan perihal peraturan baru secara gampang. Jika ada informasi baru, akan kami informasikan melalui artikel-artikel kami.

Pastinya akan banyak pekerja asing dari Asia yang datang ke Jepang menggunakan peraturan baru ini. すかSUKI akan terus berusaha mendukung teman-teman yang datang ke Jepang, baik dari Indonesia maupun negara lain.

Penerjemah : Gita Siwi

Related Post

Upah Minimum Regional Tahun 2023

27 10月 2023, 2.12 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Di Jepang, ada undang-und…

CONTINUE READING

Revisi Upah Minimum pada Oktober 2021

23 4月 2022, 1.49 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Di Jepang, ada undang-und…

CONTINUE READING

Leave your comment