Pelaksanaan Sanksi Berdasarkan Peraturan Magang Teknis: Tanggal 28 April 2022

14 5月 2022, 3.29 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Mungkin banyak diantaranya orang yang ingin datang ke Jepang melalui sistem magang. Dalam hal magang, saat ini dijalankan berdasarkan peraturan yang dibuat untuk magang  “Ginou Jisshuhou” atau “Peraturan Magang”. Kemudian, jika peraturan yang telah disepakati ini tidak ditaati, ada kemungkinan untuk mendapatkan penalty/Sanksi. Informasi perusahaan yang mendapatkan penalti ini secara rutin diumumkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan sosial Jepang. Artikel kali ini akan memperkenalkan informasi tentang sanksi-sanksi tersebut yang diumumkan secara publik.

<Organisasi Pelatihan Magang Teknis Untuk orang Asing: Sanksi Administratif berdasarkan Peraturan Magang Teknis>
https://www.mhlw.go.jp/stf/newpage_25344.html
https://www.mhlw.go.jp/content/11808000/000933599.pdf

Sanksi Terhadap Organisasi Pengawasan

〇Perbaikan Perintah: 1 kasus

・Apabila dalam kurun waktu 3 bulan tidak melakukan pengawasan yang sesuai lebih dari 1 kali ・Tidak menyerahkan laporan hasil pengawasan namun tidak menaati nya walaupun sudah beberapa kali menerima instruksi dan bimbingan dari organisasi pelatihan magang

Sanksi terhadap Praktisi Magang

〇Penarikan Sertifikasi Rencana Magang Teknik: 11 Kasus

・Tidak melaksanakan Magang Teknik berdasarkan Rencana Magang Teknik tersertifikasi

・Menyerahkan dokumen palsu untuk menyembunyikan pelanggaran

・Melakukan tindakan curang

・Pembayaran upah yang tidak pantas/tidak sesuai

・Tidak menjawab dengan jujur kepada Organisasi Pelatihan Magang Teknik bagi orang asing

・Menerima denda berdasarkan Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Industri

・Melakukan pelanggaran HAM terhadap peserta magang

Pentingnya Semua Orang yang Terlibat Memahami dan Mengaplikasikan Sistem dengan Tepat

Dalam hal pekerjaan, bukan hanya sekedar hubungan “Perusahaan” dengan “Tenaga Kerja”, namun dalam sistem magang ada pula yang disebut “Lembaga Pengiriman Tenaga Kerja”  dan “Organisasi Pengawasan”. Tepatnya, untuk bisa teraplikasikan nya program magang teknis, maka ke-empat pihak ini harus memahami dengan baik sistem tersebut dan melaksanakannya berdasarkan peraturan yang berlaku. Ditambah, pada kenyataannya tindakan tidak pantas yang dilakukan oleh makelar menimbulkan masalah di Jepang.

Demi Masa Depan yang Lebih Cerah

Idealisnya semua yang bekerja di Jepang sebagai peserta magang teknis bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik dan memperluas peluang yang ada. Namun sayangnya saat ini ada yang sebagian orang yang kesulitan atas permasalahan yang terjadi. Penyebabnya bisa dari pihak Jepang ataupun dari organisasi pengiriman tenaga kerja magang ke Jepang. Ada pula permasalahan yang ditimbulkan peserta magang karena tidak memahami peraturan yang berlaku.

Bagaimanapun juga apabila dikenai sanksi, maka perusahaan tersebut tidak bisa menerima peserta magang teknis dan peserta lainnya akan dialihkan ke perusahaan lain. Tetapi, belum pasti semua peserta dipulangkan karena ada pula kemungkinan peserta magang tersebut dipulangkan ke tanah air walau masanya belum berakhir. Dengan begitu hal ini bisa mempersulit kehidupan para pemagang. 

Tidak mudah mengetahui hal tentang Jepang sebelum berangkat ke Jepang, namun melalui perusahaan pengiriman tenaga kerja magang ke Jepang, teman-teman bisa menentukan baik-baik apakah akan pergi ke Jepang atau tidak. Oleh karena itu, carilah lembaga pengiriman tenaga kerja magang yang dapat dipercaya supaya selama di Jepang bisa tinggal tanpa rasa khawatir.

Memang tidak mudah mengetahui hal tentang Jepang sebelum berangkat ke Jepang, namun melalui perusahaan pengiriman tenaga kerja magang ke Jepang, teman-teman bisa menentukan baik-baik apakah akan pergi ke Jepang atau tidak. Oleh karena itu, carilah lembaga pengiriman tenaga kerja magang yang dapat dipercaya supaya selama di Jepang bisa tinggal tanpa rasa khawatir.

Penerjemah : AriaRIn

Related Post

Cara dan Biaya Mencari Tempat Tinggal di Jepang

19 2月 2024, 12.53 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Periksa informasi propert…

CONTINUE READING

Upah Minimum Regional Tahun 2023

27 10月 2023, 2.12 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Di Jepang, ada undang-und…

CONTINUE READING

Leave your comment