Video Panduan Supaya Bekerja dengan Aman

21 4月 2022, 4.38 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Ada idiom yang berupa 4 huruf yaitu 「健康第一」 Ken Kou Dai Ichi = Kesehatan yang Utama. Kesehatan adalah hal yang utama mengandung arti ketika kita merasa sakit kita tidak senang dan merasa sedih, ya kan.

Kata yang mirip dan sering terdengar di tempat kerja adalah「安全第一」 An Zen Dai Ichi = Keselamatan yang Utama. Mengapa keselamatan menjadi yang utama ketika bekerja karena apabila pekerjaan kita berbahaya atau kita menggunakan alat yang berbahaya kemungkinan terburuk adalah kematian, maka ini harus menjadi perhatian kita.

Sebelum ini sudah ada panduan berupa kertas atau teks. Tetapi baru ini Kementerian Kesehatan Tenaga Kerja dan Kesejahteraan telah membuat video panduan dan merilisnya di YouTube.  Kali ini, kami akan memperkenalkan video panduan tersebut.

“Lokasi Keselamatan Tempat Kerja” dengan video panduan dari berbagai industri

Banyak manual kerja/panduan yang disediakan dalam video “Lokasi Keselamatan Tempat Kerja ” ini. Ada manual secara detail mengenai beberapa industri berikut. Apakah di tempat kalian bekerja sekarang atau di tempat kalian ingin bekerja ada buku panduan/manualnya?

Kementerian Kesehatan dan Keselamatan Kerja : Lokasi Keselamatan Tempat Kerja
https://anzeninfo.mhlw.go.jp/information/kyozaishiryo/idn.html

〇Umum
〇Perawatan Lansia
〇Pembersihan Gedung
〇Industri Pelelehan & Pencetakan, Industri Manufaktur Alat Industri, Industri Kelistrikan & Informasi Elektronik
〇Konstruksi
〇Industri Perkapalan
〇Industri Perawatan Mobil
〇Penerbangan
〇Akomodasi
〇Industri Perikanan
〇Industri Produksi Bahan Makanan & Minuman
〇Industri Pelayanan Makanan
〇Industri Transportasi Angkutan Darat
〇Industri Retail

Misalnya dibidang Kaigo (Perawatan Lansia) ada video panduan seperti berikut ;

Panduan ini menggunakan subtitle Indonesia, dan berbentuk komik. Diharapkan orang -orang akan minat mempelajari tentang Keselamatan ini.

Semakin banyak pekerjaan semakin banyak materi panduan itu Penting

Seperti yang telah dijelaskan di atas, industri apa saja yang telah mempunyai materi panduan, sebagian besar materi panduan hanya mempunyai satu video. Tetapi Industri Perkapalan ada 8 video, bidang Konstruksi malah ada 131 video. Bagaimana ini bisa terjadi?

Alasan pembuatan video yang banyak itu Tentunya ingin membagi bidang pekerjaan tersebut secara mendetail. Tetapi, alasan kuat yang kita bayangkan adalah karena bidang tersebut adalah pekerjaan yang sangat berbahaya.

Materi panduan yang sederhana jika terus diulang maka bisa diingat sehingga kecelakaan kerja atau bahkan meninggal tidak akan terjadi. Namun, jika kita bekerja di tempat yang tinggi atau bekerja dengan menggunakan alat yang sangat panas, melakukan kesalahan kecil saja akan menyenangkan masalah yang fatal. Oleh sebab itulah, penting sekali kita memahami tentang keselamatan kerja ini.

Kemungkinan materi panduan dengan menggunakan VR  akan meningkat

Karena video memiliki lebih banyak informasi daripada teks, video dianggap sebagai panduan yang mudah dipahami. Namun, zaman sekarang panduan yang memanfaatkan VR juga bermunculan.

Materi pendidikan keselamatan dan kesehatan menggunakan VR Skenario F (terjepit dan tersangkut “Tangan tersangkut dalam mesin yang berputar”

Memang benar ada banyak hal yang tidak kita ketahui sampai kita benar benar bekerja di lapangan, tetapi kita bisa melakukan simulasi pekerjaan kita menggunakan VR. Tentu saja jika benar benar melakukannya di lapangan akan ada perbedaan setidaknya kita mendapatkan gambaran bagaimana pekerjaan kita nanti ya. Sebelum berangkat ke Jepang kita punya gambaran bagaimana pekerjaan kita di sana, zaman yang praktis ya.

Hal Terpenting adalah Hati dan Tubuh yang Sehat

Bila kita tidak bisa melakukan hal yang ingin kita lakukan pasti tidak menyenangkan kan? Sebagai manusia hati dan tubuh yang sehat adalah yang nomor satu. Sebagian besar orang yang telah bekerja di Jepang pasti akan pulang ke Indonesia. Di Indonesia kita mempunyai keluarga dan banyak teman bukan? Padahal sebelum berangkat ke Jepang dalam kondisi sehat namun ketika bekerja di Jepang kita mengalami kecelakaan kerja pasti keluarga kita akan sedih. Kalian juga pasti tidak ingin mengalami kecelakaan kerja selama bekerja kan.

Oleh sebab itu jangan sampai melupakan 「健康第一」「安全第一」selama hidup di Jepang.

Penerjemah : Ai Surya ni

Related Post

Cara dan Biaya Mencari Tempat Tinggal di Jepang

19 2月 2024, 12.53 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Periksa informasi propert…

CONTINUE READING

Upah Minimum Regional Tahun 2023

27 10月 2023, 2.12 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Di Jepang, ada undang-und…

CONTINUE READING

Leave your comment