Jumlah Pembatalan Izin Tinggal di Jepang pada Tahun 2018

12 10月 2019, 9.56 am / By : Yasuyuki Miyashita

Pada bulan Agustus 2019, Jepang mengumumkan “Jumlah Pembatalan Izin Tinggal” pada tahun 2018. Berdasarkan undang-undang Jepang, warga negara asing memerlukan izin khusus untuk dapat tinggal di Jepang dalam jangka panjang. Artinya, tinggal di Jepang bagi warga asing adalah suatu situasi khusus dan warga asing yang tidak dapat mematuhi peraturan Jepang akan dipulangkan ke negara asalnya.
Di antara teman すかSUKI, pastinya ada yang ingin pergi ke Jepang. Yuk, simak bersama artikel kali ini agar teman-teman dapat lebih berhati-hati sebelum pergi ke Jepang.

Jumlah Pembatalan Izin Tinggal di Jepang

Jumlah pembatalan izin tinggal di jepang pada tahun 2018 adalah sebanyak 832 kasus. Jumlah ini bertambah sangat banyak jika dibandingkan dengan jumlah pembatalan pada tahun 2017 yaitu 385 kasus dan pada tahun 2016 yaitu 294 kasus.

Jenis Izin Tinggal di Jepang

Jenis izin tinggal yang paling banyak dibatalkan adalah “izin pelajar asing” sebanyak 412 kasus atau 49,5% dari total keseluruhan. Selanjutnya, pembatalan “izin technical intern” sebanyak 152 kasus atau 18,4% dan izin “suami/istri orang Jepang” sebesar 9,4%.

Kewarganegaraan

416 kasus atau 50% pembatalan terjadi pada warga asing berkewarganegaraan Vietnam, disusul Cina dengan angka 152 kasus atau 18,3%. Selanjutnya, ada Nepal dengan angka 62 kasus atau 7,5%.

Contoh Kasus Pembatalan Izin Tinggal di Jepang

Kebanyakan warga negara asing datang ke Jepang sebagai pelajar asing, intern, atau pekerja di Jepang. Berikut adalah contoh kasus pelajar atau pekerja asing yang menerima pembatalan izin tinggal.

・Pelajar yang merubah izin tinggalnya dengan menggunakan nama perusahaan yang tidak mempekerjakan dirinya, untuk mendapatkan izin tinggal kategori “Highly Skilled Professional”. Misalnya, seorang pelajar asing yang tidak mendapatkan pekerjaan walau sudah berhenti sekolah, tetapi tetap tinggal di Jepang untuk mencari pekerjaan. Ada banyak agensi yang membantu teman-teman untuk mendapatkan izin tinggal secara ilegal! Harap lebih berhati-hati dan tidak menggunakan agensi seperti ini.
・Pelajar asing yang namanya tidak terdaftar lagi di sekolah Jepang, tetapi tetap tinggal di Jepang untuk bekerja paruh waktu.
・Technical intern yang menghilang dan pindah kerja ke perusahaan lain.
・Pekerja dengan izin tinggal kategori “Highly Skilled Professional” yang melakukan pergantian kerja di luar kategori tersebut.
・Pelajar asing yang tetap tinggal di Jepang selama lebih dari 3 bulan setelah namanya tidak terdaftar lagi di sekolah Jepang.
・Technical intern yang menghilang, tinggal di rumah kerabat, dan tidak melaksanakan internship selama lebih dari 3 bulan tetapi tetap tinggal di Jepang.

Kasus-kasus seperti ini nyata terjadi di Jepang. Masih banyak kasus-kasus pelanggaran lainnya yang menyebabkan pembatalan izin tinggal di Jepang untuk warga asing.

Sebelum berangkat ke Jepang, teman-teman harus mengetahui secara jelas apa tujuan teman-teman. Lalu, selama berada di Jepang teman-teman harus berjuang untuk melakukan tujuan teman-teman yang pastinya sesuai dengan izin tinggal yang telah didapatkan.
Patuhi peraturan yang berlaku, agar teman-teman terbebas dari masalah selama di Jepang dan dapat mencapai kesuksesan dengan lancar!

すかSUKI akan selalu mensupport teman-teman yang ingin pergi ke Jepang atau sedang berjuang di Jepang!


Jumlah Pembatalan Izin Tinggal di Jepang pada Tahun 2018

Penerjemah : Gita Siwi

Related Post

Cara dan Biaya Mencari Tempat Tinggal di Jepang

19 2月 2024, 12.53 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Periksa informasi propert…

CONTINUE READING

Upah Minimum Regional Tahun 2023

27 10月 2023, 2.12 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Di Jepang, ada undang-und…

CONTINUE READING

Leave your comment