Wawancara dengan pekerja perusahaan Jepang di Indonesia(6)

20 6月 2016, 7.40 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Pengalaman studi di luar negeri : tidak ada
Level JLPT : N2
Pengalaman kerja : 2 perusahaan
Pekerjaan : Interpreter, finance, pegawai kantor
Kelamin : Perempuan

 

Selamat siang. Terima kasih telah menyempatkan waktu di waktu istirahat siang ini untuk wawancara. Mohon bantuannya. Anda sekarang sedang bekerja di perusahaan Jepang. Mengapa anda memilih untuk bekerja di sana?

Saya lulus universitas dari jurusan penelitian Jepang. Tidak hanya bahasa, Saya juga mempelajari budaya, sejarah, masyarakat, literatur, kosa kata, dan hal lain yang berhubungan dengan Jepang. Karena itu, Saya ingin bekerja dengan menggunakan Bahasa Jepang.

 

Memang kita selalu ingin menggunakan kemampuan kita dalam bekerja ya. Banyak perusahaan Jepang di Indonesia, tapi mengapa anda memilih perusahaan yang satu ini?

Saya sangat suka hal-hal yang rapi. Perusahaan tempat saya bekerja sekarang menangani penjualan meja, kursi, dan barang lainnya yang dibutuhkan kafe, restoran, maupun convenience store. Untuk convenience store kami menangani barang-barang seperti troli dan keranjang belanja. Saya ingin bisa bekerja bersama barang-barang dengan design yang bagus dan banyak berada di sekeliling kita. Karena itulah Saya melamar pekerjaan ini.

 

Bagaimana cara anda mencari pekerjaan ini?

Saya dibantu oleh jasa pencari kerja. Perusahaan tempat saya bekerja sekarang membuka kantornya di Jakarta pada September 2013 dan sejak itu pula saya bekerja di sana sebagai pegawai.

 

Apa alasan anda berganti pekerjaan?

Saya sangat tidak suka dengan perusahaan sebelumnya, karena semua karyawan yang merokok dapat bebas merokok di meja masing-masing. Pekerjaannya pun setiap hari selalu sama, sehingga saya tidak mendapatkan skill baru. Memang dalam pekerjaan menggunakan Bahasa Jepang, tapi saya tidak ada mempelajari kata-kata baru… Saya juga berpikir untuk wisata, jadi setelah berhenti kerja di sana Saya pergi traveling ke Eropa.

 

Saya sangat mengerti dengan alasan anda berhenti kerja. Ambisi anda juga sangat bagus. Setelah itu, anda memutuskan untuk pindah kerja. Bagaimana image yang anda miliki tentang perusahaan tempat kerja anda sekarang? Apa ada image positif maupun negatif?

Sejujurnya, sebelum masuk bekerja saya tidak memiliki image apapun tentang perusahaan. Setelah masuk bekerja, hal baik yang saya rasakan adalah lingkungan kerja sangat bagus sehingga mudah untuk berkomunikasi sesama pekerja.

Hal buruknya, jumlah pekerjaannya lebih banyak dari yang saya kira. Di perusahaan sebelumnya Saya hanya berulang-ulang kali bekerja membuat estimasi saja, tapi sekarang saya harus membuat dokumen pajak, faktur, dan juga data penjualan. Lalu sambil melakukan banyak pekerjaan saya harus menggunakan Bahasa Jepang dan Inggris bersamaan. Saya juga harus bekerja sebagai interpreter. Bisa mendapatkan banyak pengalaman ini sangatlah bagus, tapi walau lembur pun saya tidak akan dapat uang tambahan…

 

Banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan pekerjaan itu pun, Anda pasti mendapatkan banyak skill yang berguna. Apa ada keluhan dengan pekerjaan sekarang? Lalu apakah perusahaan memiliki jalan keluarnya?

Saya bingung dengan lingkup pekerjaan yang harus saya lakukan. Jika terjadi masalah, tidak jelas siapa yang harus bertanggung jawab. Pimpinan pun tidak mengerti secara jelas pekerjaan anak buahnya. Sekarang saya bekerja dengan memaklumi bahwa inilah cara kerja perusahaan. Lalu cara kerja di Indonesia dan Jepang itu berbeda, tapi pimpinan tidak mengerti akan hal tersebut.

 

Walaupun ini perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, tapi masih memiliki kebiasaan yang sama dengan perusahaan yang ada di Jepang.

Saya ingin agar lingkup kerja diperjelas.

Setahun sudah berlalu sejak anda mulai bekerja di sini. Bagaimana anda akan melanjutkan karir ke depannya?

Masih banyak pekerjaan yang harus saya ingat di perusahaan sekarang, karena itu saya ingin meningkatkan kinerja saya sekarang. Dengan terus menambah pengalaman bekerja,Saya berharap bisa menemukan hal yang ingin saya lakukan. Untuk menekuni hal tersebut, Saya ingin belajar di universitas dan nantinya bekerja dengan keahlian yang telah saya pelajari. Tapi saya belum tahu hal apakah yang ingin saya pelajari dan lakukan. Pencarian baru dimulai.

 

Keinginan untuk belajar, serta karir yang sudah dipikirkan masak-masak sangatlah bagus. Keluar dari topik, apakah alasan anda belajar Bahasa Jepang?

Saya senang mendengar pelafalan Bahasa Jepang. Alasan Saya belajar Bahasa Jepang adalah agar Saya sendiri bisa mengucapkan pelafalan itu dan menggunakan bahasanya. Juga di Jakarta banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan Bahasa Jepang, jadi jika dipelajari pasti akan berguna nantinya.

 

Terima kasih atas jawaban anda. Terakhir mohon berikan sepatah kata kepada calon pekerja perusahaan Jepang.

Berjuanglah.

 

Terima kasih telah menyempatkan waktunya di waktu istirahat anda.

Related Post

2 thoughts on “Wawancara dengan pekerja perusahaan Jepang di Indonesia(6)

すごくいい記事ですね
でもこの記事いつ掲載されるかはどこにも書いていないみたいですね

すかSUKI管理人です。
コメントありがとうございます。最近非常に多くのインドネシア人の方に読まれている記事です。 もっと多くのインタビューを掲載し、インドネシア人の方へ日本で働く事を知ってもらえるように記事を充実させていきたいと思います。

Leave your comment