Wawancara dengan pekerja perusahaan Jepang di Indonesia(5)

19 6月 2016, 7.59 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Pengalaman studi ke luar negeri : tidak ada
Level JLPT : N3
Pengalaman kerja : 2 perusahaan
Pekerjaan : akuntan, sekretaris, pegawai kantor
Kelamin : perempuan

 

Selamat malam. Terima kasih telah menyempatkan waktu di akhir minggu, tepat setelah pulang kerja, untuk wawancara ini. Mohon bantuannya. Sekarang anda sedang bekerja di perusahaan Jepang, mengapa anda memutuskan untuk bekerja di sana?

Sebelum bekerja di sini, saya sempat bekerja di Uniqlo, tapi berhenti ketika masih dalam pelatihan. Alasannya adalah kurangnya kesempatan berbicara dengan Bahasa Jepang karena kebanyakan tamu yang datang adalah orang Indonesia. Saya belajar Bahasa Jepang di universitas, karenanya Saya ingin menggunakannya dalam pekerjaan saya. Saya juga ingin bekerja di tempat yang bisa memberi kesempatan untuk pergi ke Jepang.

 

Uniqlo memang perusahaan Jepang yang banyak dikenal orang dan pastinya banyak membutuhkan pegawai, jika hanya ingin bekerja di perusahaan Jepang Uniqlo adalah pilihan yang tepat. Tapi hal ini berlawanan dengan tujuan anda.

Saya juga tertarik dengan cara kerja di perusahaan Jepang. Image saya tentang orang Jepang adalah tepat waktu dan teliti dengan pekerjaannya. Saya ingin memastikan apakah image saya sesuai dengan kenyataan.

 

Begitu ya. Sebagai orang Jepang, Saya senang anda ingin mempelajari budaya dan Bahasa Jepang lebih mendalam. Bagaimana anda menemukan tempat kerja sekarang?

Saya menemukannya di grup facebook universitas. Karena ada lowongan pekerjaan, Saya coba untuk melamar.

 

Apa ada bayangan yang muncul sebelum mulai bekerja di sana?

Perusahaan sekarang berhubungan dengan IT, dan Saya sebenarnya tidak terlalu paham tentangnya. Sewaktu wawancara, Saya diberitahu bahwa ada kemungkinan saya terpilih untuk menjadi engineer. Saya cukup cemas karena saya tidak mengerti tentang pembuatan program sama sekali. Tapi ini mungkin adalah kesempatan untuk mengembangkan diri, dengan menambah pengalaman dan juga sebagai tantangan bagi diri sendiri.

 

Sangat Positive thinking. Lalu bagaimana setelah anda mulai bekerja? Apa ada image positif maupun negatif?

Segi positifnya adalah bisa mendapatkan banyak pengalaman. Saya merasa level Bahasa Jepang saya meningkat, karena harus menggunakannya setiap hari. Saya juga mendapat skill baru dengan mencoba bekerja di bidang pekerjaan yang belum pernah saya coba.

Segi negatifnya, peraturan di Indonesia dan Jepang itu berbeda. Walau kita bisa saling berbicara dengan Bahasa Jepang, kalau tidak mengerti peraturan yang ada maka tidak akan bisa saling mengerti. Misalnya, perhitungan gaji untuk orang Indonesia dilakukan di Jepang. Jadi ketika ada seorang supir yang membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di kantor dia akan dicurigai. Ini adalah hal biasa di Indonesia, tapi kita akan dikira berbohong. Pengertian bahwa keadaan di Indonesia dan Jepang itu berbeda sangat kurang.

Lalu, Saya juga mempunyai tugas untuk melaporkan perhitungan pajak yang sudah disetujui oleh penasihat pajak di Indonesia ke Jepang. Walau saya dapat menjelaskan laporan tersebut dalam Bahasa Jepang, Saya tidak mengerti apa isi laporan tersebut. Pajak ada di luar keahlian saya, tapi semua mengira saya mengerti karena saya dapat menjelaskan laporan itu dalam Bahasa Jepang.

Selanjutnya, lingkup kerja. Berbeda dengan perusahaan Indonesia yang memiliki lingkup kerja yang jelas, perusahaan Jepang mengharuskan kita untuk mengerjakan berbagai macam hal. Terkadang Saya juga dimintai tolong pekerjaan yang deadline-nya sudah dekat. Tapi Saya berpikir bahwa ini adalah sebuah tantangan. Saya dapat mempelajari banyak hal baru sembari menambah pengalaman bekerja. Sangat membantu Saya untuk mengembangkan diri sendiri.

Ada juga saat dimana pimpinan membereskan pekerjaannya sendiri, tanpa berunding dengan Saya. Ketika kantor di Jepang menanyakan tentang pekerjaan tersebut, Saya tidak bisa menjawab apa-apa. Karena hal ini juga ada beberapa orang yang mengira Saya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dan malah membebani pimpinan. Saya tidak suka hal ini.

Yang terakhir bukanlah hal positif maupun negatif, tapi karena orang Jepang itu sangat sangat teliti dengan pekerjaannya Saya merasa kesalahan dalam pekerjaan pun berkurang. Harus terbiasa dengan ketelitian mereka (tawa).

 

Sepertinya banyak yang dipikirkan (tawa). Apa ada tindakan yang anda atau perusahaan lakukan untuk pemecahan masalah tersebut?

Saya merasa bahwa kemampuan saya masih belum cukup, karena itu saya akan terus berjuang untuk meningkatkan kinerja. Saya juga akan mencoba mengusulkan ke pimpinan tentang cara kerja yang lain.

 

Jiwa pengembangan diri yang sangat bagus. Apa reaksi pimpinan anda dengan usulan tersebut?

Jika usulannya bagus, maka pimpinan akan menerima dan mengikuti usulan tersebut. Jika cara kerja pimpinan lebih bagus, beliau akan menjelaskan cara tersebut dan Saya akan mengikutinya.

 

Komunikasi yang baik dengan pimpinan. Beliau pun mendengarkan usulan dan memberikan penjelasan. Apa ada lagi hal lainnya?

Saya kurang puas dengan gajinya. Bila ada perusahaan lain dengan gaji yang lebih tinggi, mungkin Saya akan pindah kerja. Walau Saya sedikit cemas dengan lingkungan kerja baru. Di tempat kerja sekarang, banyak pegawai seumuran dengan hubungan yang baik, membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

 

Bila tidak keberatan, bolehkah Saya bertanya tentang gaji di perusahaan anda?

Gaji pegawai biasanya sekitar Rp 3.500.000 sampai Rp 5.000.000. Ada tunjangan uang sewa sebanyak Rp 3.200.000, dan juga supir.

Ada juga uang tambahan untuk pemilik sertifikat JLPT, dimana level N1 mendapatkan Rp 600.000, N2 Rp 300.000 dan N3 mendapatkan Rp 100.000. Jumlah gaji dapat bertambah dengan pertimbangan pimpinan setiap perpanjangan kontrak. Ada juga bonus tambahan untuk orang dengan hasil kerja luar biasa. Ngomong-ngomong ada 2 orang yang mendapatkan bonus di tahun ini.

 

Terima kasih atas penjelasannya. Penjelasan tentang gaji secara detail sangat menarik. Bagaimanakah anda merencanakan karir anda ke depannya?

Seperti yang Saya katakan tadi, Saya ingin mencoba untuk bekerja di Jepang. Saya mendambakan bisa bekerja dan menetap di sana. Ada teman kuliah Saya yang bekerja di Jepang dan mengatakan bahwa bekerja di sana sangat melelahkan, tapi Saya tetap ingin mencobanya. Kalau bisa, Saya ingin pekerjaan yang berhubungan dengan fashion atau majalah, juga agen wisata.

Saya juga ingin mempelajari manajemen Jepang, dan mengajarkan cara kerja di Jepang kepada orang Indonesia.

Daripada di ajarkan oleh orang Jepang, mungkin lebih baik diajarkan oleh orang Indonesia juga. Tidak akan ada masalah dengan bahasa. Saya harap hal ini bisa anda laksanakan nantinya. Sedikit melenceng dari topik, Kalau boleh tahu apa alasan anda belajar Bahasa Jepang?

Saya kurang pandai dalam matematika maupun IPA, dan kakak saya pun adalah lulusan sastra Jepang jadi saya ikut mengambil sastra Jepang juga. Walau saya sempat belajar Bahasa Jepang di SMA, waktu masuk kuliah Saya belum bisa membaca hiragana maupun katakana. 2 tahun di universitas, Saya merasa pelajarannya sangat susah dan ingin berhenti kuliah. Saya dimarahi oleh Ibu Saya ketika membicarakan hal ini kepada beliau. Mencari berbagai macam cara, akhirnya Saya mencoba berteman dengan orang Jepang melalui internet. Setelah itu keinginan untuk bisa berbicara dengan baik membuat Saya belajar kembali.

 

Bahasa Jepang anda sangat bagus, jadi kaget karena sebenarnya ada kejadian seperti itu. Terakhir, mohon berikan sepatah kata kepada calon pekerja di Perusahaan Jepang.

Setelah anda mulai bekerja pasti banyak hal-hal sulit yang harus dihadapi, tapi itulah yang akan membuat anda menjadi lebih baik! Karena itu Saya pun selalu bekerja dengan percaya, “sekarang sulit, tapi nantinya Saya bisa tertawa sambil menceritakan kesulitan ini! Percayalah dan jangan menyerah sampai akhir! Pantang menyerah menghadapi tantangan adalah hal yang paling penting!

 

Wah, berapi-api. Perasaan anda pasti tersampaikan. Saya pun ikut termotivasi. Padahal masih muda tapi sudah hebat. Sekali lagi, terima kasih telah menyempatkan waktu anda di akhir minggu, tepat setelah bekerja untuk wawancara ini.

Related Post

2 thoughts on “Wawancara dengan pekerja perusahaan Jepang di Indonesia(5)

Web ini sangat menarik dan membantu memberikan gambaran tentang pekerjaan di perusahaan Jepang. Saya sangat termotivasi setiap membaca wawancara ini. Mohon dilanjutkan !

Terima kasih sudah komentnya. Kami berusaha untuk menghubungi informasi yang bermanfaat bagi orang Indonesia yang mempunyai minat Jepang!

Leave your comment