Wawancara dengan pekerja perusahaan Jepang di Indonesia(4)

5 5月 2016, 9.37 am / By : Yasuyuki Miyashita

Pengalaman Studi ke Luar Negeri : Tidak ada
Level JLPT : N2
Pengalaman Kerja : 2 perusahaan
Pekerjaan : Sekretaris
Kelamin ; Perempuan

 

Terima kasih telah menyempatkan watu di hari libur untuk wawancara ini. Langsung saja, mengapa anda memutuskan untuk bekerja di perusahaan Jepang?

Saya belajar Bahasa Jepang di universitas, karena itu saya mencari pekerjaan yang memerlukan keahlian tersebut. Saya ingin bekerja sebagai sekretaris maupun translator yang pekerjaannya berhubungan dengan Bahasa Jepang.

 

Keinginannya sudah tercapai ya! Bagaimana anda menemukan pekerjaan ini?

Saya memasukkan data diri saya di situs lamaran kerja. Lalu ada kontak dari HR perusahaan dan saya diterima bekerja.

 

Begitu. Sebelum diterima kerja apa ada image yang dimiliki tentang pekerjaan ini?

Image Saya, nanti kerjanya pasti sibuk. Sekretaris untuk direktur (orang Jepang) hanya ada dua orang. Advisor untuk bagian Sales dan pabrik semuanya orang Jepang, jadi Saya juga harus menjadi interpreter bagi mereka.

Saya juga berpirikir bahwa ini adalah pekerjaan yang sulit. Alasannya adalah, di perusahaan sebelumnya Saya hanya bekerja sebagai interpreter. Tapi sekarang lingkup kerja Saya menjadi mengatur jadwal direktur, membuat naskah pidato dan laporan harian, mencari tempat untuk pembukaan cabang baru, dan mengurus hal-hal yang berhubungan dengan kontrak. Melelahkan tapi sekarang Saya mulai terbiasa.

 

Banyak sekali perkerjaannya, sepertinya anda sibuk sekali… Setelah mulai bekerja, apakah ada segi positif maupun negatif dari pekerjaan ini?

Dengan bantuan dari orang di sekitar, Saya bisa bekerja dengan baik di sini. Seperti yang Saya katakan sebelumnya, Saya dapat mengerjakan hal yang sebelumnya tidak pernah Saya lakukan. Awalnya Saya kurang percaya diri karena kurangnya pengalaman dan juga ilmu yang dibutuhkan. Ada juga saat di mana Saya tidak mengerti kata-kata yang diucapkan ketika rapat. Untuk mengatasi hal tersebut, Saya mendapatkan manual yang berhubungan dengan pajak, sekretaris, dan juga cara penjualan produk. Saya yang masih kurang pengalaman ini pun sangat terbantu.

 

Semuanya bekerja dengan saling membantu satu sama lain ya. Ini adalah tempat kerja yang sangat ideal.

Saya tidak merasakan adanya hal yang negatif. Ada orang Indonesia di perusahaan yang berpikir bahwa orang Jepangnya bersikap dingin, tapi Saya tidak merasa seperti itu.

 

Apa ada hal lainnya tentang perusahaan?

Melalui pekerjaan ini Saya tahu, karena cara pikir orang Indonesia dan Jepang itu berbeda sering terjadi masalah saat penyesuaian keduanya. Terutama dengan kebijaksanaan penjualaan produk. Banyak hal yang tidak sesuai jika cara kerja di Jepang dilaksanakan di Indonesia tanpa perubahan apa pun.

Karena itu, jika orang Jepang dan orang Indonesia saling mengerti cara pikir satu sama lain maka pekerjaan pun pasti akan berjalan lancar. Sekarang jika ada masalah, Saya harus menengahi keduanya (tawa). Sekitar 3 bulan yang lalu ada beberapa orang Jepang yang datang, setiap hari mereka marah-marah karena tidak mengerti cara kerja orang Indonesia.

Lalu pada dasarnya orang Indonesia tidak membuat laporan jalannya rapat. Salah satu pekerjaan Saya adalah merangkum laporan dari seluruh departemen yang ada. Tapi karena banyak departemen yang tidak menepati deadline untuk mengumpulakn laporan, Saya kesulitan dalam pekerjaan ini.

 

Pasti sulit ya menjadi penengah… Saya juga sangat mengerti tentang deadline yang tidak ditepati, karena Saya juga mengalami hal yang sama.

Hal yang Saya cemaskan untuk setelah ini adalah, sekretaris untuk direktur orang Jepang hanya ada 2 orang termasuk Saya. Tapi sekretaris yang satunya berencana untuk mengambil cuti panjang. Jika ini terjadi, Saya cemas apakah Saya bisa bekerja sendiri menghadapi 20 orang Jepang. Sekarang sedang dibuka lamaran untuk sekretaris yang baru, tapi masih belum tahu apakah bisa menemukan orang yang handal.

 

Beban kerja yang sangat besar, semoga dapat menemukan sekretaris baru yang handal. Pasti nantinya orang sekitar anda akan membantu anda lagi. Apa rencana untuk karir anda ke depannya?

Saya tidak bisa naik jabatan selama menjadi sekretaris, walau gaji saya naik. Saya benar-benar hanya dipekerjakan sebagai sekretaris. Saya juga tidak berencana untuk terus bekerja di sini, paling lama hanya 5 tahun. Saya ingin belajar dan menambah skill di lingkungan kerja yang baru. Di perusahaan sebelumnya saya banyak belajar tentang otomotif sedangkan perusahaan sekarang mengajarkan tentang perawatan medis.

 

Kalau begitu anda ingin menambah pengalaman dan juga skill di perusahaan sekarang ya. Apa alasan anda memulai belajar Bahasa Jepang?

Ketika SMA Saya punya banyak teman orang Jepang di Indonesia, dan Saya mulai belajar Bahasa Jepang sejak saat itu. Saya juga belajar Bahasa Korea, tapi lebih tertarik dengan Bahasa Jepang. Saya juga ingin belajar budaya Jepang, karena itu Saya putuskan untuk mempelajarinya lebih dalam di universitas. Di Indonesia ada banyak perusahaan Jepang, jadi pastinya peluang mendapat pekerjaan pun bertambah.

 

Ternyata anda sudah memikirkannya dari SMA. Mendengar cerita anda, Saya tahu anda pasti puas dengan kehidupan yang dimiliki sekarang. Terima kasih atas waktunya hari ini!

Related Post

Leave your comment