Wawancara dengan pekerja perusahaan Jepang di Indonesia(3)

4 5月 2016, 8.29 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Pengalaman studi ke luar negeri : Tidak ada
Level JLPT : N2
Pengalaman kerja : 3 peruahaan
Pekerjaan : Interprete, Translator, Sekretaris
Kelamin : Perempuan

 

Selamat siang. Terima kasih telah menyempatkan waktu anda di hari libur untuk wawancara ini. Pertanyaan pertama, Mengapa anda memutuskan untuk bekerja di perusahaan Jepang?

Perusahaan tempat Saya bekerja sekarang sangatlah terkenal, dan semua pegawainya adalah seorang profesional dalam pekerjaannya. Saya ingin bekerja bersama mereka.

 

Bagaimana anda menemukan pekerjaan ini?

HR perusahaan menghubungi Saya, ketika Saya masih bekerja sebagai guru Bahasa Jepang. Karena itu Saya tidak secara aktif mencari pekerjaan ini.

 

Seperti Head Hunting oleh perusahaan ya. Bagaimana image yang anda miliki tentang perusahaan sebelum mulai bekerja di sana?

Karena ini adalah perusahaan ternama, Saya mengira bahwa staff orang Jepangnya akan sangat disiplin dan Saya pasti nantinya akan dimarahi. Saya juga berpikir bahwa pekerjaannya akan sibuk.

 

Kalau begitu bagaimana setelah anda mulai bekerja di sana? Apa ada segi positif maupun negatif?

Segi positifnya, perusahaan sangat mementingkan kualitas produk dan kepuasaan pelanggan. Saya sangat senang bisa bekerja di sini. Lalu manajemen dalam perusahaan pun sangat bagus.

Ada Bahasa Jepang maupun terminologi Indonesia yang tidak Saya pahami ketika meeting. Saat itu orang Jepang berkata, “Ya sudah.” Kepada Saya, membuat Saya sedih. Tapi orang sekitar Saya memberi dukungan sehingga Saya dapat berjuang. Orang Jepang itu pun setelah rapat, mencari Saya dan meminta maaf. Semua staff orang Jepang sangatlah ramah.

 

Memang dengan dukungan dari sekitar kita dapat bekerja dengan nyaman, juga hubungan pekerja yang baik dapat membuat kita bekerja dengan mudah tanpa memedulikan nasionalitas. Membayangkan apa yang terjadi setelah rapat membuat Saya senang (tawa).

Segi negatifnya, walau perusahaannya sangat bagus staff lokal pun harusnya bisa lebih berusaha. Ada saat dimana mereka sangat bergantung kepada orang Jepang. Karena itu kita perlu Orang Jepang dengan kepemimpinan yang kuat. Orang Indonesia itu harus diatur dulu baru bisa bekerja dengan baik.

Dan lagi, karena kita memiliki nasionalitas yang berbeda ada orang Indonesia yang akan sedih jika dibilang, “Hal seperti ini tidak mungkin terjadi di Jepang.” Saya sih tidak peduli (tawa). Saya harap semuanya lebih berhati-hati dengan apa yang mereka ucapkan. Saya akan senang jika orang Jepang dapat lebih mengerti tentang Indonesia.

Saya juga tidak ingin orang Jepang menilai orang Indonesia secara garis besarnya saja. Di saat seperti itu biasanya Saya jawab dengan, “Memang di perusahaan lain berbeda?” Dalam perusahaan ini pun ada orang Indonesia yang bekerja dengan serius, mereka berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya. Sangat disayangkan bila mereka dinilai secara negatif.

 

Benar sekali perkataan anda. Saya akan ingat baik-baik… Apa ada lagi hal lainnya?

Kantor perusahaan ada di tempat yang susah dijangkau, karena itu Saya ingin agar perusahaan bisa membuatkan tempat tinggal untuk pegawai. Saya yakin ini hal yang sulit (tawa). Lalu ada teman Saya sesama sekretaris yang berencana untuk berhenti kerja, Saya cemas bagaiman pekerjaan Saya nantinya jika dia berhenti. Membuka lowongan baru pun, Saya tidak akan tahu pekerja baru seperti apa yang akan masuk.

 

Membuat tempat tinggal pastilah susah… Bertambahnya pekerjaan pasti sibuk, semoga ada pekerja baru yang bagus. Bagaimana anda merencanakan karir anda untuk kedepannya?

Mungkin Saya akan terus lanjut bekerja untuk 3 tahun kedepan, tapi sesungguhnya Saya tidak terlalu memikirkan tentang apapun. Saya ingin studi ke Jepang untuk lebih belajar tentang Budaya Jepang. Saya juga ingin mencoba mendirikan Sekolah Bahasa Jepang. Sempat juga terpikir untuk menjadi dosen. Saya suka menulis cerita, jadi mungkin Saya bisa menjadi novelis. Walau akhir-akhir ini Saya sibuk dengan pekerjaan sehingga sudah jarang menulis.

 

Begitu ya. Walau belum yakin, banyak jalan yang bisa anda pilih. Ngomong-ngomong apa alasan dan tujuan anda belajar Bahasa Jepang?

Saya awalnya tertarik dengan budaya Jepang yakni anime, drama, dan juga Idol. Sekarang Saya sudah jarang menonton anime, tapi hal itulah awal saya belajar Bahasa Jepang.

 

Terakhir, mohon berikan sepatah kata untuk calon pekerja Perusahaan Jepang.

Percayalah dengan kemampuanmu sendiri dan terulah belajar. Nantinya pasti akan banyak hal sulit di tempat kerja, tapi hadapi dan teruslah berjuang sambil berpikir positif.

 

Saya paham anda senang dengan pekerjaan anda, walau banyak hal sulit yang harus dihadapi. Sekali lagi, terima kasih telah menyempatkan waktu anda di hari libur untuk wawancara.

Related Post

Leave your comment