Wawancara dengan pekerja perusahaan Jepang di Indonesia(2)

22 3月 2016, 5.38 am / By : Yasuyuki Miyashita

Pengalaman studi ke luar negeri : tidak ada
Level JLPT : N3
Pengalaman kerja : 5 perusahaan
Pekerjaan : Manajemen toko
Kelamin : Perempuan

 

Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk wawancara ini, langsung setelah pulang kerja. Pertama-tama, apa alasan Anda bekerja di perusahaan Jepang?

Saya belajar Bahasa Jepang di Universitas, karena itu Saya ingin bekerja dengan menggunakan Bahasa Jepang. Melalui pekerjaan ini, Saya merasa bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang saya, yang masih rendah.

 

Saya rasa anda sudah pintar Bahasa Jepang, jika ditekuni pasti akan bertambah bagus. Bagaimana anda menemukan pekerjaan ini?

Melalui teman saya sewaktu di universitas. Sebelumnya Saya pernah bekerja di perusahaan lain yang Saya temukan melalui website lamaran kerja.

 

Begitu. Sebelum diterima bekerja, bagaimana image anda tentang perusahaan ini?

Sejujurnya, Saya sama sekali tidak tahu. Saya sempat merasa apakah Saya bisa melakukan pekerjaannya nanti. Tapi Saya merasa bahwa pekerjaan ini adalah tantangan dan juga pengalaman baru bagi saya. Saya juga ingin menambah skill di bidang manajemen. Terakhir, Saya juga senang bisa bekerja bersama teman baik saya.

 

Sangat menarik bisa bekerja bersama teman. Sangat jarang ada pengalaman seperti ini. Lalu bagaimana setelah anda mulai bekerja? Apa ada image positif maupun negatif?

Hal positifnya, kita dapat bekerja sama dengan baik walau satu tim terdiri dari 5 orang. Awalnya kita sering berselisih, tetapi akhirnya bisa bekerja sama dengan baik. Saya juga belajar banyak tentang terminologi kesehatan. Dapat mengikuti meeting management pun menjadi pembelajaran yang bagus.
Saya juga mendapat pengalaman melalui perekrutan pegawai. Sulit untuk mendapatkan pegawai perempuan… Seperti image pekerjaan ini tidak begitu bagus, sehingga tidak ada perempuan yang tertarik untuk melamar. Ada juga yang walau sudah dijelaskan tentang isi pekerjaannya, tiba-tiba tidak hadir di meeting keesokan harinya.
Hal negatifnya, pimpinan orang Indonesia yang dahulu mewawancarai lamaran Saya, menjelaskan bahwa manajemen akan dilakukan bersama-sama. Tapi kenyataannya, pimpinan itu melakukan pekerjaannya tanpa koordinasi dengan tim.

 

Sehubungan dengan hal itu, apakah anda menyampaikan hal tersebut kepada pimpinan anda?

Ya, Saya sampaikan dan pimpinan pun mendengarkannya. Tapi , tidak ada yang berubah. Kita tetap bekerja dengan cara milik pimpinan. Untuk selanjutnya, kami ingin bisa membangun rasa saling percaya dengan pimpinan agar bila terjadi masalah bisa mudah diatasi. Perusahaan ini pun masih kecil, jadi Saya tidak bisa meminta banyak.

 

Sepertinya banyak yang harus dihadapi, berjuanglah. Anda baru saja menjadi pekerja di sini, tapi apakah anda mempunyai bayangan untuk karir kedepannya?

Kalau bisa, Saya ingin menambah pengalaman di perusahaan sekarang. Saya pernah berhenti bekerja karena perempuan tidak bisa menjadi pimpinan, walau saya waktu itu ditawari menjadi pegawai tetap. Sebenarnya, suatu saat Saya ingin bisa memanajemen toko milik Saya sendiri. Saya belum memikirkan pasti toko apa, tapi Saya belajar tentang cara mencari toko, pencarian dan pengelolaan pegawai, kontrak dan masih banyak hal berguna lainnya melalui pekerjaan sekarang. Karena itu Saya ingin terus bekerja di perusahaan ini sembari menimba ilmu baru.

 

Calon manajer ya! Berencana untuk berhenti kerja setelah menetap lama, sangat berbeda dengan cara pikir orang Jepang. Berpindah topic, apakah alasan anda mulai belajar Bahasa Jepang?

Sewaktu SMA, Bahasa Jepang adalah pelajaran yang sulit sekaligus menarik. Walau saya tidak terlalu bisa Bahasa Jepang, Saya pernah mengikuti lomba pidato. Tentu saja, Saya tidak menang. Kesal karena kalah, Saya bertekad untuk mempelajari Bahasa Jepang lebih mendalam.

 

Mari berjuang dengan pekerjaan sekarang demi mencapai tujuan mempunyai toko sendiri. Saya merasa termotivasi dengan keinginan anda menghadapi tantangan serta mimpi untuk menjadi manajer. Terakhir, mohon berikan penyemangat kepada calon pekerja perusahaan Jepang.

Bukan hanya Bahasa Jepang, tapi banyak hal yang bisa dipelajari ketika bekerja di perusahaan Jepang. Misalanya saja, kita bisa mempelajari perbedaan budaya Indonesia dan Jepang. Juga, orang Jepang sangat disiplin dengan waktu jadi ini adalah kesempatan bagus untuk kita belajar memanajemen waktu dengan baik. Bila pekerjaan kita dinilai baik, kesempatan bisa pergi ke Jepang pun bertambah besar.

 

Hari ini terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk wawancara.

Related Post

Leave your comment