Ada Berapa Banyak Pelajar Bahasa Jepang di Indonesia?

24 1月 2020, 7.03 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Pada 8 Oktober 2019 lalu, The Japan Foundation merilis “Hasil Survei Lembaga Pendidikan Bahasa Jepang di Luar Negeri Tahun 2018 (hasil preliminary)”. Pasti banyak teman-teman pengunjung すかSUKI yang adalah pelajar bahasa Jepang. Kali ini, すかSUKI akan membahas tentang data yang dirilis oleh The Japan Foundation tersebut.

Ada Berapa Negara di Dunia yang Warganya Mempelajari Bahasa Jepang?

Ada 142 negara yang mengadakan pendidikan bahasa Jepang di negaranya. Angka ini bertambah sejak survei pada tahun 2015 dengan hasil 137 negara. Jumlah 142 negara pada tahun 2019 adalah jumlah terbanyak dari survei selama ini. Bisa kita simpulkan, orang-orang yang mempelajari bahasa Jepang di seluruh dunia semakin bertambah.

Ada Berapa Banyak Pelajar Bahasa Jepang di Seluruh Dunia?

Kira-kira, ada berapa banyak orang yang mempelajari bahasa Jepang di seluruh dunia? Menurut hasil survei, ada 3.846.773 orang. Tahun 2019 adalah tahun dengan jumlah pelajar nomor 2 terbanyak, setelah jumlah pelajar pada tahun 2012 yaitu 3.985.669 orang.

Sebagai informasi tambahan, pelajar bahasa Jepang terbanyak berasal dari Cina dengan jumlah 1.004.625 orang. Jumlah pelajar di Cina bertambah sebanyak 51.342 orang dari survei sebelumnya. Indonesia berada di urutan ke-2 dengan jumlah pelajar sebanyak 706.603 orang, tetapi jumlah ini menurun sebanyak 38.552 orang dari survei sebelumnya.

Apa Alasan Seseorang Belajar Bahasa Jepang?

Menurut hasil survei, jawaban paling banyak adalah “tertarik dengan manga, anime, J-pop, fashion, dll.”, diikuti dengan”tertarik dengan sejarah, budaya, seni, dll.” dan “tertarik dengan bahasa Jepang sendiri”.

Bagaimana dengan teman-teman pembaca artikel ini? Apakah teman-teman memiliki alasan yang sama? Atau mempunyai alasan lain yang jauh berbeda?

Mari Perluas Potensimu dengan Belajar Bahasa Jepang!

The Japan Foundation melalukan dan merilis survei ini dalam 3 tahun sekali. Jumlah pelajar bahasa Jepang di Indonesia saat ini semakin berkurang dibandingkan hasil survei sebelumnya, tetapi kita tetap mejadi negara dengan pelajar terbanyak nomor 2 di dunia. Saya, sebagai orang Jepang merasa senang dengan banyaknya orang Indonesia yang belajar bahasa Jepang. Untuk teman-teman yang ingin membaca hasil survei ini dengan lebih detail, dapat mengakses URL yang tersedia di akhir artikel ini.

SUKI akan terus berusaha untuk menjadi support teman-teman yang sedang berusaha belajar bahasa Jepang dan ingin belajar bahasa Jepang langsung di Jepang.

<The Japan Foundation>
https://www.jpf.go.jp/j/about/press/2019/029.html

Hasil Survei Lembaga Pendidikan Bahasa Jepang di Luar Negeri Tahun 2018 (hasil preliminary)
https://www.jpf.go.jp/j/about/press/2019/dl/2019-029-02.pdf

Penerjemah : Gita Siwi

Related Post