Sangat Menyenangkan! Toko Dagashi Nomor 1 Jepang!

19 1月 2019, 9.48 pm / By : Tanaka

Bikin Kangen, Dagashi Kesukaan Semua

Jepang memiliki satu manisan yang bernama “Dagashi”. Dagashi adalah istilah kolektif yang menunjuk manisan yang sering dikonsumsi oleh warga biasa dan dijual dengan harga terjangkau. Salah satu contohnya adalah permen, yang dijual satuan sehingga anak kecil pun dapat membeli dengan uang sangu mereka.

Dagashi pertama kali muncul pada zaman Edo. Sampai zaman sekarang pun, bentuk Dagashi masih terus berubah. Bisa dibilang, Dagashi adalah bagian dari kebudayaan Jepang.

Saya rasa setiap orang Jepang pasti punya kenangan ketika masa kecilnya, anak-anak akan menggenggam erat uang sangunya dan pergi membeli Dagashi. Anak-anak akan tertawa senang, sembari memikirkan Dagashi mana yang akan dibeli dari banyaknya pilihan. Dagashi hanya seharga 10 yen, tetapi Dagashi yang kita beli setelah berpikir panjang itu terasa sangat enak.

Dahulu, ada banyak toko Dagashi kecil di mana-mana. Sekarang, toko Dagashi yang ada di lingkungan kita semakin sedikit. Tetapi, kita masih bisa membeli Dagashi di supermarket, convenience store, atau melalui online. Walau begitu, masih ada satu toko Dagashi yang walau cukup jauh harus Teman-Teman coba datangi! Toko ini bernama “Nihon Ichi no Dagashi Uriba” atau “Toko Dagashi Nomor 1 Jepang”!

Nihon Ichi no Dagashi Uriba (日本一のだがし売り場)
Alamat : 1373-5 Osafunechō Higashisue, Setouchi-shi, Okayama-ken 701-4262, Japan
Telepon : 0869-26-6580
Waktu operasional:
Senin – Sabtu: 10.00 – 17.00, Minggu: 09.00 – 17.00
URL:http://www.ohmachi-site.co.jp/

Toko Dagashi Nomor 1 Jepang ada di Tengah Sawah

Begitu sampai, kita akan disambut dengan pemandangan desa yang tenang. Mungkin kalian akan berpikir, “Apakah benar di sini ada toko?”. Lalu, tiba-tiba tulisan itu akan muncul.

“Nihon Ichi no Dagashi Uriba”

Tulisan besar berwarna merah ini terpampang pada bangunan yang sekilas terlihat seperti gudang. Inilah toko Dagashi yang wajib Teman-Teman datangi!

Karena tempatnya yang berada di desa, rata-rata pengunjung toko datang dengan menggunakan mobil. Ada juga rombongan yang datang dengan bus wisata. Tempat ini sangat ramai, terutama pada hari libur.
Akses transportasi umum untuk menuju ke sini masih kurang praktis. Teman-Teman harus naik kereta Jalur Akou (赤穂線) dan turun di Stasiun Oku (邑久駅) atau Stasiun Osafune (長船駅), lalu naik taksi dari stasiun menuju toko Dagashi ini.

Intip Keadaan Toko Dagashi Nomor 1 Jepang!

Begitu masuk ke dalam toko, Teman-Teman akan disambut dengan banyaknya Dagashi di toko yang sangat luas! Lalu, mata Teman-Teman akan tertuju pada banner besar bertuliskan “Kedamaian Dunia dengan Dagashi Jepang!”
Harapan yang sangat besar, tetapi mungkin saja dunia dapat lebih damai ketika semua orang dapat berteman baik sembari menikmati Dagashi.

10 yen Corner, Tempat Istimewa untuk Anak-Anak

Toko Dagashi Nomor 1 Jepang tidak mengenakan biaya pajak konsumen ketika melakukan pembayaran di kasir. Oleh karenanya, anak-anak dapat berbelanja sembari menghitung-menghitung pengeluaran mereka secara langsung. Salah satu tempat favorit anak-anak di toko ini adalah 10 yen corner. Anak-anak saya pun berusaha untuk membeli Dagashi dengan budget mereka yang terbatas. Jenis Dagashi-nya sangat banyak, pusing memilihnya!

 

“Otonagai”, Cara Belanja Orang Dewasa

Kita juga bisa membeli produk per kotak besar di toko ini. Kesempatan untuk melakukan “Otonagai” pada Dagashi yang kita impikan saat kita masih kecil. “Otonagai” sendiri berarti membeli produk koleksi yang biasanya ditujukkan untuk anak-anak, dalam kuantitas besar. Contohnya, trading card atau komik.

Salah satu produk favorit saya adalah: “Kono Hito Dare?”

Dagashi kecil rasa ramune. Satu bungkus seharga 10 yen, dan satu kotaknya berisi 110 bungkus seharga 950 yen. Di dalam setiap bungkusnya ada stiker bergambarkan tokoh-tokoh sejarah. Pasti menarik jika Teman-Teman membawa dan menempelkan stiker ini di tempat kerja masing-masing.

 

Banyak Corner Menarik

Salah satu corner menarik dimiliki oleh “Umaibou”, salah satu Dagashi paling terkenal di Toko Dagashi. Bahkan ada kuilnya!

Saya membeli semua rasa yang tersedia. Tidak disangka, saya suka rasa natto.

Ada juga Ramune Corner. Di sini ada ranking ramune dengan rasa paling tidak enak, di mana rangking satu dipegang oleh ramune rasa chili oil. Bagaimana rasanya? Saya sendiri tidak berani mencoba.

 

Reproduksi Toko Shikada Dagashi dari Anime “Dagashikashi”

“Shikada Dagashi” adalah salah satu atraksi yang patut dikunjungi dan menjadi buah mata tersendiri di Toko Dagashi Nomor 1 Jepang. Shikada Dagashi adalah toko Dagashi fiksional dari “Dagashikasi”, salah satu manga terkenal yang telah diangkat menjadi anime. Saya dan anak saya membaca manga dan menonton anime-nya bersama-sama, sehingga Shikada Dagashi menjadi salah satu tujuan kami berkunjung ke sini.

Bahkan bagian dalam tokonya dibuat sama persis! Untuk Teman-Teman yang tidak tahu anime-nya pun dapat bernostalgia di toko Dagashi ini.

Mari Bernostalgia di Dunia Dagashi!

Jika berkunjung ke “Nihon Ichi no Dagashi Uriba”, semua orang baik orang dewasa maupun anak-anak pasti akan merasa takjub! Mari bernostalgia bersama di dunia Dagashi. Sebelum berkunjung, Teman-Teman dapat menonton “Dagashikasi” terlebih dahulu, untuk mempelajari enaknya Dagashi :D

Penerjemah : Gita Siwi

Related Post

Leave your comment