Anggota

Yasuyuki Miyashita
宮下 育之

Anggota すかSUKI Miyashita

Pendiri すかSUKI/Labor and Social Security Attorney

Melihat kondisi Jepang saat ini yang mengalami penurunan angka kelahiran dan meningkatnya jumlah lansia, membutuhkan bantuan orang asing terutama yang memiliki kemampuan bahasa Jepang yang tinggi dan pemahaman yang mendalam tentang Jepang. Dengan pemikiran itu saya memutuskan studi ke Indonesia selama satu tahun.
Selama studi di Indonesia, pada tahun 2014 saya mendirikan すかSUKI, dan mengunjungi sekitar 40 Universitas di seluruh Indonesia yang memiliki jurusan bahasa Jepang.
Pada tahun 2015, saya kembali mengunjungi beberapa universitas di Indonesia untuk mengadakan seminar tentang “Permasalahan penurunan angka kelahiran di Jepang dan dibutuhkannya orang-yang berbakat dalam bahasa Jepang”. Menyampaikan kondisi Jepang saat ini kepada Dosen dan Mahasiswa. Bekerjasama dengan anggota menyampaikan informasi tentang Jepang dalam bahasa Indonesia melalui website, bersamaan dengan itu juga di Jepang melakukan aktivitas untuk mensupport orang Indonesia.

Nozomi
ノゾミ

Anggota すかSUKI Nozomi

Pengurus website すかSUKI

Merasa empati dengan kegiatan yang dilakukan すかSUKI, akhirnya ikut bergabung sebagai pembuat Website.
Menjadi seorang Web Desiner selama 10 tahun lebih, dan sekarang melakukan kegiatan sebagai Freelancer.
Saya senang karena bisa membuat website yang berhubungan dengan Indonesia, dan dengan berdirinya website すかSUKI kali ini merupakan kali pertama saya menggunakan WordPress. Saat ini saya menjalani hari-hari dengan menggelutinya.

Kalau tentang kehidupan pribadi saya, saya menikah dengan orang Indonesia asal Sulawesi pada tahun 2007 dan menjadi seorang muslim. Ibu dari dua orang anak. Tahun 2007 akhirnya saya mendapatkan sertifikat bahasa Indonesia level D.
Saya berniat ingin lebih banyak lagi berkomunikasi dengan orang Indonesia.

Ai
アイ

Anggota すかSUKI Ai

Penanggung Jawab wilayah

Jakarta

Jurusan kuliah

Universitas TNI-AU Ciumbuleuit, Bandung
Jurusan keperawatan

JLPT

N2

Pengalaman di Jepang

4 tahun
Belajar sambil bekerja di Jepang sebagai calon tenaga perawat angkatan ke- 5 EPA. Tga tahun kemudian lulus ujian keperawatan.

Alasan menyukai hal-hal yang berhubungan dengan Jepang

Sejak kecil suka sekali dengan Jepang, dan ingin melihat kampung halaman Detektif Conan.

Gita
ギタ

Anggota すかSUKI Gita

Penanggung Jawab wilayah

Jakarta

Jurusan kuliah

Sastra Jepang

JLPT

N1

Pengalaman di Jepang

Studi di Jepang selama 1 tahun.

Awal suka Jepang

Saya suka dengan manga dan anime Jepang, karenanya saya ingin mempelajari bahasa Jepang. Ketika sedang belajar bahasa Jepang, saya menjadi lebih tau ttg Jepang dan semakin suka dengan Negara dan budaya Jepang.

Ling
リン

すかSUKI Ling

Penanggung Jawab wilayah

Yogyakarta

Jurusan kuliah

Sastra Jepang

JLPT

N1

Pengalaman di Jepang

sekolah 1,5 tahun, kerja 1,5 tahun.

Awal suka Jepang

karena dengar lagu Laruku! Selain itu karena suka banget sama komik juga. Pokoknya dari dulu lebih suka lagu Jepang daripada lagu Indonesia!

Linda
リンダ

すかSUKI Linda

Penanggung Jawab wilayah

Bandung

Jurusan kuliah

Sastra Jepang

JLPT

N3

Pengalaman di Jepang

Pada tahun 2015 berpartisipasi dalam lomba pidato bahasa Jepang tingkat Nasional dan berhasil mendapatkan juara 1. Pemenang berkesempatan untuk pergi Tokyo, Jepang dalam rangka program wisata selama satu minggu. Sebetulnya ini adalah mimpi saya sejak SMA, saya ingin pergi ke Jepang dengan gratis. Akhirnya berkat kerja keras mimpi saya ini terwujud.

Alasan menyukai hal-hal berkaitan dengan Jepang

Sejak SMP saya direkomendasikan sepupu saya untuk nonton Anime Naruto, saya pikir biasa saja tidak ada yang seru. Tapi setelah saya coba tonton, walaupun saya tidak mengerti bahasa Jepang saya sempat tersentuh sampai-sampai nangis. Dari sana saya mulai suka menggambar manga, dan tertarik belajar bahasa Jepang. Saya ingin bisa bahasa Jepang supaya nonton anime tidak perlu pakai subtittle.