Asyiknya Jalan-jalan ke Tokyo Disneyland & Tokyo Disneysea

Buat kalian yang sedang merencanakan liburan tapi bingung mau ke mana, jangan sampai melewatkan dua tempat hiburan terkenal ini ya! Namanya saja Disneyland dan Disneysea, sudah pasti wahana Jetcoaster yang ada di sini tidak se-extreme taman bermain Fujikyuu Highland yang ada di Yamanashi, Jepang.

Banyak yang bertanya-tanya apakah Disneyland dan Disneysea sama? Disneyland dan Disneysea berbeda lokasi meskipun dekat. Tokyo Disneyland sama seperti Disneyland di negara-negara lain, sedangkan Tokyo Disneysea hanya ada di Jepang saja.

Dari Tokyo Station, kita bisa pergi ke Disneyland dengan kereta Keiyou Line tujuan Maihama station. Setelah turun di stasiun Maihama, kita hanya perlu sedikit berjalan kaki menuju Tokyo Disneyland. Sedangkan untuk menuju Tokyo Disneysea, kita harus berjalan sedikit menuju Tokyo Disneyland Station dan naik kereta monorail (kereta khusus jalur Tokyo Disneyland-Tokyo Disneysea).

 

Gambar 1 : Kereta Monorail

 

Gambar 2 : Suasana di dalam kereta monorail

 
Sampai di Tokyo Disneyland atau Disneysea, kita harus melewati loket penjualan tiket terlebih dahulu. Untuk Harga tiket Tokyo Disneyland (saja) dan Disneysea (saja) kurang lebih sama.

 
One day tiket:
Dewasa (18 tahun ke atas) : 7.400 yen.
Pelajar (12-17 tahun) : 6.400 yen.
Anak-anak (4-11 tahun) : 4.800 yen.

Tiket malam (Berlaku mulai jam 3 sore):
Dewasa (18 tahun ke atas) : 5.400 yen.
Pelajar (12-17 tahun) : 4.700 yen.
Anak-anak (4-11 tahun) : 3.500 yen.

Tiket malam (Berlaku mulai jam 6 sore):
Dewasa (18 tahun ke atas) : 4.200 yen.
Pelajar (12-17 tahun) : 4.200 yen.
Anak-anak (4-11 tahun) : 4.200 yen.

 
Tokyo Disneyland dan Disneysea buka mulai dari jam 8 pagi sampai 10 malam. Harga tiketnya pun berbeda-beda tergantung dari jam berapa kita masuk. Kalau ingin jalan-jalan puas di Tokyo Disneyland dtau Disneysea, lebih baik beli tiket one day meskipun sedikit mahal. Karena Tokyo Disneyland dan Disneysea sangat luas jadi rasanya tidak cukup jika hanya sebentar. Tapi jika ingin harga tiket lebih murah bisa beli tiket sore atau malam. Suasana malam pun tidak kalah bagus, dan yang paling ditunggu-tunggu biasanya adalah projection map dan atraksi kembang api yang dimulai sekitar pukul 8 malam (waktu bisa berubah).

 
Tapi buat kalian yang tinggal di Jepang dan berencana sering datang ke Tokyo Disneyland atau Disneysea, bisa juga membeli paspor (annual passport) untuk Disneyland (saja), Disneysea (saja) atau keduanya. Berikut ini adalah harga pembuatan paspor untuk bebas berkunjung ke Disneyland dan Disneysea selama satu tahun.

 

Gambar 3 : Daftar harga Annual Passports

 

Gambar 4 : Suasana Tokyo Disneysea saat musim panas.

 

Gambar 5 : Salah satu permainan atraksi baru di Disneysea yang baru dibuka Agustus 2017.

 

Gambar 6 : Cinderella castle di Tokyo Disneyland.

 
Pertunjukan, parade dan hiasan di Disneyland dan Disneysea selalu berbeda tiap tahun dan tiap musim. Memasuki pertengahan Bulan September sampai akhir bulan Oktober, suasana di Disneyland dan Disneysea akan dihiasi pernak Pernik Halloween dan pengunjung dewasa bisa merayakan Halloween dengan mengenakan kostum tokoh-tokoh Disney seperti Cinderella, Mermaid Mellody, Jasmine & Aladin, Snow white dan lain-lain. Sedangkan untuk anak-anak bisa bebas mengenakan kostum sepanjang tahun.

Buat yang berencana berlibur, jangan sampai lewatkan tempat hits yang satu ini ya..!

Masakan India Halal di Ginza【Klub Halal Gourmet すかSUKI 6】

Distrik Ginza di Tokyo tidak hanya terkenal dengan banyaknya turis asing yang berkunjung, tapi juga terkenal dengan banyaknya toko yang menjual produk-produk berkelas. Jepang setiap tahunnya mengadakan survei harga tanah, dan tanah di Ginza adalah tanah yang paling mahal di seluruh Jepang.

Pada tahun 2016 tanah termahal ada di Ginza, Chuo-ku, 4-choume, Harga per 1 ㎡nya mencapai 40.100.000 yen atau setara dengan sekitar 4 milyar rupiah! Padahal tanah dengan luas segitu hanya bisa untuk tiduran saja ya…. Karena harga tanah yang mahal, bisa dipahami pula jika harga barang-barang yang dijual di sana juga menjadi mahal.

Meskipun di Ginza banyak restoran mahal berkelas, tapi tidak sedikit juga restoran yang harganya bersahabat dan beberapa di antaranya terdapat restoran halal. Kali ini すかSUKI ingin memperkenalkan restoran halal India“Khan Kebab Biryani” yang berada di Ginza, 8-choume.

Stasiun terdekatnya adalah stasiun Shinbashi. Tapi dari stasiun kereta bawah tanah Ginza juga hanya perlu berjalan sedikit untuk mencapai restoran. Lokasinya sangat strategis.

 

 
Di depan pintu masuk bangunan terdapat papan seperti pada gambar, melihat fotonya saja sudah membangkitkan nafsu makan ya! Harga Paket Biryani Lunch adalah 1.235 yen (khusus Sabtu, Minggu, dan hari libur menjadi 1.340 yen), dan harga Paket Curry Lunch adalah 975 yen (khusus Sabtu, Minggu, dan hari libur menjadi 1.080 yen), harganya tidak terlalu mahal.

Seperti yang telah disebutkan di papan di atas tadi, sepertinya Biryani Lunch Set adalah menu yang paling direkomendasikan. Kamu juga bisa memilih antara ayam, daging domba, atau sayur sebagai isinya.

 

 
Gambar di atas adalah Chicken Biryani Set. Selain nasi dan daging, juga ada tomat, bawang bombay dan sayur-sayuran. Saya kaget melihat porsi nasi yang begitu banyak. Untuk rasanya sendiri tidak terlalu kuat dan tidak terasa pedas cabai. Tapi ternyata mereka memakai bumbu rempah-rempah yang membuat saya kepedasan setelahnya.

Jika memesan dalam bentuk set, selain Biryani kita juga akan mendapatkan minuman, salad, dan Raita (yogurt). Saya juga mendapatkan kare porsi kecil sebagai bentuk servis dari mereka.

Karena rasa Biryani yang sedikit pedas, jika kamu menuangkan Raita di atas nasi, rasanya akan menjadi lebih ringan sehingga mudah dimakan. Karenya bertekstur pasta dan rasanya ringan serta tidak pedas. Enak!

Walaupun kali ini saya memesan Biryani, namun banyak pelanggan lain terlihat menikmati menu Kare Set dan kelihatannya enak.

 

 
Selain itu, karena masih ada banyak menu lain selain menu makan siang, silahkan datang kapan saja bagi kamu yang ingin mencari restoran halal di Ginza.

 
カーン・ケバブ・ビリヤニ (KHAN KEBAB BIRYANI)
Alamat : Ginzahakuhinkan 6F, 8-8-11, Ginza, Chuoku, Tokyo
Nomor telepon : 050-5570-3116

Mengunjungi tempat bersejarah dan berbelanja oleh-oleh unik sekaligus menikmati halal beef wagyu hamburger hanya di Sekai Cafe【Klub Halal Gourmet すかSUKI 5】

Teman-teman すかSUKI, saat berkunjung ke Jepang, hal apa sih yang paling kalian cari? Mencoba makanan khas Jepang? Mengunjungi tempat-tempat bersejarah? Atau berburu souvenir dan aksesoris unik? Nah, bagaimana kalau kalian bisa menikmati ketiganya sekaligus?

Salah satu tempat pariwisata favorit di Tokyo adalah Asakusa yang terletak di wilayah Taito-ku, Tokyo. Disini kalian bisa mengunjungi Sensoji temple yang bersejarah, sekaligus kalian bisa berbelanja di Nakamise Street yang dipenuhi oleh toko-toko di sepanjang 250 meter yang menjual segala macam barang, mulai dari senbei (keripik dari tepung beras) sampai yukata (kimono musim panas). Selain berbagai macam toko, di Asakusa juga banyak restoran yang menyediakan beragam aneka macam menu. Diantaranya adalah Sekai Cafe.

 

Gambar 1: Sensoji temple

 
Sekai Cafe berlokasi dekat dari Kaminarimon, alias gerbang besar dengan lampion merah yang menjadi tempat para turis berfoto karena bentuknya yang unik. Dengan lokasinya yang strategis, banyak turis mancanegara maupun lokal yang datang ke Sekai Cafe.

 

Gambar 2: Bagian depan Sekai Cafe

 
Sekai Cafe menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman. Yang paling bikin kaget adalah di Sekai Cafe ini, mereka menyediakan menu halal, loh! Ya, Sekai Cafe sudah mendapatkan sertifikasi halal, jadi terutama bagi para muslim wajib mencoba menu makanan dan minumannya, nih! Hehehe :)

 

Gambar 3, 4: menu yang disediakan di Sekai Cafe

 
Kali ini, tim すかsuki akan mencoba menu wagyu beef, yaitu beef hamburger dan beef steak bowl.

 

Gambar 5: wagyu beef hamburger

 

Gambar 6: wagyu beef steak bowl

 
Sambil menikmati makanan, suasana di Sekai Cafe juga cozy banget, jadi nyaman buat nongkrong disini. Set wagyu hamburger lengkap dengan side dish dan minuman, hanya 1300yen. Kapan lagi bisa menikmati wagyu beef hambuger yang super juicy, dengan harga terjangkau! Sekai Cafe juga menyediakan beef steak bowl yaitu irisan wagyu beef dengan topping telur setengah matang, di atas semangkuk nasi hangat. Wagyu beef-nya benar-benar nikmat! Semangkuk halal wagyu beef steak bowl lengkap dengan minumannya dihargai 1500yen.
Selain menu beef, ada juga menu khusus vegetarian. Bagi yang sedang mencari oleh-oleh, disini juga menyediakan berbagai macam souvenir, dari aksesoris sampai beragam jenis snack halal, loh.

Sekai Cafe juga difasilitasi dengan tempat sholat (prayer space) dan disediakan prayer mat (sajadah) dan mukena. Jadi, kalian bisa bersantai sambil menikmati makanan dan minuman di Sekai Cafe tanpa perlu repot mencari tempat untuk beribadah.

 

Gambar 7: prayer space di Sekai Cafe

 
Dari stasiun Asakusa, kamu hanya perlu berjalan 3 menit untuk sampai di Sekai Cafe. Buka dari pukul 10:30 sampai 20:00 dari Minggu hingga Kamis. Untuk Jumat, Sabtu, dan hari libur dari pukul 10:30 sampai 22:00. Sekai Cafe tutup setiap hari Rabu kedua setiap bulannya.

Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Asakusa, setelah jalan-jalan kalian bisa beristirahat dan menikmati menu yang ada di Sekai Cafe ini, loh! Jangan lupa mampir ke Sekai Cafe, ya :)

 
Sekai cafe
Alamat : Asakusa1-18-8, Taito-ku, Tokyo
Nomor telepon : 03-6802-7300
Email : hello@sekai-cafe.com
URL : http://sekai-cafe.com/asakusa/

Menikmati lezatnya Yakiniku halal di Tokyo【Klub Halal Gourmet すかSUKI 4】

Pernah dengar tentang restoran Yakiniku halal di Tokyo? Ya, kamu gak salah baca, yakiniku halal! Kok bisa? Memangnya ada?

Bagi kamu yang belum pernah dengar, restoran Yakiniku “Panga” ini terletak di dekat stasiun Shin-Okachimachi menyediakan daging sapi wagyu halal, lho! Di restoran ini, kamu bisa menikmati segala macam wagyu beef halal dengan membakarnya sendiri di atas alat pemanggang.

Restoran yakiniku Panga ini sudah tersertifikasi halal, jadi insya Allah para Muslim yang datang ke restoran ini bisa memesan pilihan menu yang tersedia. Ditambah lagi, lokasi restoran berada dekat dengan Masjid As-salam Okachimachi, hanya dengan berjalan sekitar 10 menit.

 

Gambar 1 : Masjid As-salam Okachimachi

 

 
Masjid As-salam Okachimachi:
4 Chome-6-7 Taitō, Taitō-ku, Tōkyō-to 110-0016
URL : assalaamfoundation.org

 

Gambar 2 : Restoran Yakiniku dengan sertifikasi halal

 
Nah, menu apa saja sih yang tersedia di restoran yakiniku Panga? Kita bisa memilih daging wagyu yang kita sukai, dari カルビ, ハラミ, atau ロース. Kalau ingin mencoba daging wagyu dengan harga yang lebih hemat, datang saat makan siang, ya! Karena restoran ini menyediakan menu set lengkap dengan nasi, salad dan sup dengan kisaran harga 900yen-1700yen saja loh! Tidak hanya menu set yakiniku, ada juga menu sup, bibimbap, udon, ramen dan lain-lain.

 

Gambar 3 : Pilihan menu set lunch

 
Cara menikmati Yakiniku (焼肉) alias daging bakar yaitu dengan membakarnya sendiri di atas meja. Jadi, di setiap meja sudah tersedia grill/panggangan-nya, kita tinggal menaruh dagingnya diatas panggangan dan tunggu hingga daging matang. Yakiniku biasa dinikmati saat musim gugur atau musim dingin, karena sambil membakar daging bisa sekalian menghangatkan diri di depan panggangannya, hehehe.

Tim Halal Gourmet すかSUKI memesan menu set wagyu karena kami datang saat makan siang. Menunya yang sangat variatif sempat membuat bingung, kemudian akhirnya kami memesan カルビ (kalbi) danハラミ (harami). カルビalias daging bagian perut sapi sangat lembut setelah dipanggang karena mengandung lemak, berbeda dengan ハラミ yang berciri khas warna daging lebih merah dan mengandung lebih banyak serat otot.

Dari atas pemanggang, tercium aroma daging bakar yang menggoda selera. Setelah daging berwarna kecoklatan di kedua sisi, daging bakar bisa di celup ke tare/saus khusus yakiniku atau air perasan lemon, kemudian di makan bersama nasi. Daging yang baru matang sangat lembut dan meleleh di mulut! Sedap!

Menu set lunch yang kami pesan dilengkapi dengan nasi, salad dan sup. Saat dinner/makan malam, tersedia lebih banyak pilihan daging wagyu dengan menu 単品 (a la carte).

 

Gambar 4 : 和牛カルビ定食 menu set wagyu kalbi

 
Restoran yakiniku Panga juga menerima reservasi, lho. Jadi, bagi yang datang ke Jepang bersama keluarga besar atau dengan grup, bisa reservasi terlebih dahulu supaya tidak perlu mengantri bila restoran sedang penuh. Biasakan datang 15menit lebih awal dari waktu reservasi ya, karena meja yang sudah direservasi kemungkinan bisa hangus apabila kita tidak muncul 10 menit dari waktu yang sudah ditentukan.

Restoran yakiniku Panga buka dari pukul 11.30 sampai pukul 14.00 untuk lunch/makan siang dan pukul 17.00 sampai 23.00 untuk makan malam. Khusus untuk hari Minggu, restoran buka dari pukul 17.00 sampai pukul 22.00. Restoran bisa di akses melalui stasiun Shin-Okachimachi kemudian berjalan 2 menit. (alamat: 3-27-9, Taitou, Taitou-ku, Tokyo)

 

Gambar 5 : suasana restoran Yakiniku, lengkap dengan alat pemanggang di atas meja

 
Alhamdulillah, sekarang semakin banyak restoran yang sudah tersertifikasi halal, terutama di daerah sekitar Tokyo. Jadi, bagi para pelancong Muslim bisa menikmati makanan khas Jepang dengan nyaman dan aman. Jika ada kesempatan datang ke Tokyo, jangan lupa untuk mencoba restoran halalnya ya!

 
焼肉 ぱんが 新御徒町店(halal wagyu yakiniku PANGA)
Alamat : 3-27-9, Taito, Taitoku, Tokyo
Nomor Telepon : 03-3839-8929
URL : https://yakinikupanga.owst.jp/en/

馬子禄 牛肉麺(Mazilu Halal Beef Noodle)【Klub Gourmet Halal すかSUKI 2】

Apakah kamu rela mengantri demi bisa menikmati semangkuk ramen? Jika iya, maka kamu wajib mengunjungi restoran ramen Halal di Jimbocho, Tokyo ini!

 

Gambar1 : bagian depan restoran Mazulu

 
Restoran ramen asal China ini baru saja dibuka bulan Agustus akhir lalu, namun setiap hari banyak pengunjung yang ingin menikmati ramen dengan kuah daging sapi ini.

Dari segala jenis macam ramen halal di Tokyo, ramen Mazilu adalah ramen dengan kuah daging sapi halal, jadi tidak perlu khawatir jika ingin makan disini, karena ramen Mazilu sudah tersertifikasi halal dari NIPPON ASIA HALAL ASSOCIATION.

 

Gambar2 : menu dengan label halal

 
Restoran ramen Mazilu Halal Beef Noodle ini terletak di dekat stasiun Jimbocho, daerah yang terkenal dengan toko-toko buku bekasnya.

Kami, tim Halal Gourmet すかSUKI, sengaja datang 30 menit sebelum restoran dibuka. 5 menit menjelang dibuka, sudah banyak yang mengantri di depan restoran! Wah, jadi tambah penasaran seperti apa kelezatan ramen disini sampai orang-orang rela mengantri.

 

Gambar3 : orang mengantri

 
Pukul 11.00 restoran dibuka, para pelanggan restoran dipersilahkan masuk. Kami membeli tiket di mesin sebelum duduk di meja yang sudah disediakan. Untuk jenis mie, kita bisa memilih dari 3 jenis ketebalan mie, standard/hosomen dengan jenis mie yang tipis, kishimen alias mie pipih, sankaku men atau mie segitiga yang seperti diililit. Kami mencoba sankaku men dan hosomen.

Akhirnya pesanan ramen kami datang. Berbeda dengan ramen dengan kuah ayam yang lebih kental, ramen dengan kuah daging sapi ini lebih bening, dengan aroma daging yang khas dan berbagai macam bumbu yang pas. Ramen ini diberi topping irisan daging sapi, ra-yu (minyak khusus ramen) dan coriander. Baru tahu kenapa orang-orang sampai rela mengantri, karena rasanya memang benar-benar enak!

Sambil menikmati ramen, kami memperhatikan bagian dalam restoran. Baru saja dibuka 15 menit yang lalu, namun restoran langsung dipenuhi para pelanggan yang datang untuk menikmati ramen Mazulu ini. Tidak hanya muslim yang datang, restoran juga dipenuhi oleh orang lokal dan turis

Semangkuk ramen lengkap dengan toppingnya dihargai 880yen. Kalau ingin menambah coriander (daun ketumbar) kamu akan dikenai tambahan 120yen. Bagi pecinta daging sapi, kamu bisa menambah irisan daging sapinya hanya dengan tambahan 200yen. Semua dapat dipilih saat kamu memesan menu di mesin tiket.

 

Gambar4 : mesin tiket

 

Gambar5 : suasana restoran yang penuh

 
Semangkuk ramen pun habis dan kami keluar restoran dengan perasaan kenyang dan puas!
Tips untuk kamu yang ingin mencoba ramen Mazulu, sebisa mungkin datang lebih pagi, karena restoran akan tutup bila persediaan sup sudah habis. Restoran Mazilu Halal Beef Noodle buka dari pukul 11 sampai 9 malam dan tutup setiap hari Rabu.

Jadi, apakah kamu juga ingin mencoba ramen Mazilu? :)

 
馬子禄 牛肉麺(Mazilu Halal Beef Noodle)
Alamat : 1-3-18,Kandajimbocho,Chiyoda-ku,Tokyo 101-0051 Japan
Nomor Telepon : 03-6811-7992
URL : http://lanzhou-lamian.com/english

Mari Menjelajah Jepang(Berkunjung Ke Museum Trick Art Tokyo)

Gambar: tiket masuk Trick Art Museum Tokyo nih. Karena bentuknya lucu, jangan langsung dibuang, simpan untuk kenang-kenangan ya!

Hai sahabat すかSUKI semuanya, apa kabar? Pernah dengar tentang Trick Art Museum Tokyo?
Itu lho, museum yang menyajikan karya seni berupa gambar yang di dalamnya terdapat trik sehingga terlihat seolah-olah hidup dan nyata. Terdapat beberapa karya seni gambar berupa hewan, hantu Jepang, dan lainnya. Kalau belum pernah dengar tentang museum tersebut, yuk kita intip ada apa saja sih di dalamnya? Kalau berkunjung ke Jepang wajib dimasukkan ke dalam list jalan-jalan nih. Chek it out!

Untuk sahabat すかSUKI, admin beri sedikit bocoran tentang museum itu sendiri.
Trick Art adalah gambar/ pola,bentuk dari sebuah benda dimana jika dilihat seolah-olah benda tersebut hidup dan mempunyai kesan yang berbeda tergantung dari sudut pandangan ketika melihatnya.
Museum Trick Art Tokyo ini sendiri adalah satu-satunya museum di dunia yang menampilkan keadaan Jepang pada Jaman Edo (ada Ninja, kehidupan pada jaman Edo, dll) dan yang lebih menariknya lagi, kita bisa membawa kamera dan bisa berfoto sepuasnya.

Berikut akses menuju ke museum:
Alamat : Tokyo, Minato-ku, Odaiba1-6-Dekk Tokyo Beach Seaside Mall Lantai 4.
Telp : 03-3599-5191
Harga Tiket Masuk : 1000 yen untuk dewasa, 600 yen untuk anak-anak.
URL : http://www.trickart.info/index.html

Bagi pengguna kereta:
– Jalur Yurikome ;
Berhenti di Odaiba Kaihama Kouen Station,dan cukup berjalan kaki sekitar 2 menit.
– Jalur Rinkai;
Berhenti di Tokyo Teleport Station, lalu berjalan kaki sekitar 5 menit.

Karena kedua jalur kereta tersebut sangatlah mudah untuk diakses, tentunya tidak akan tersesat kan? Hehe.
Kalaupun masih merasa sulit untuk kesana cukup bertanya ke pegawai stasiun, pasti akan dijelaskan secara terperinci dan mudah.

Berikut beberapa Trick Art yang ada di dalamnya,
Sudah tidak sabar ingin tahu kan? 1…2…3! Here we go!

 

 
Ha?? Sekilas dikira terdapat kaca besar yang memisahkan, ternyata hanya ilusi dimana kedua sudutnya hanya ruangan tanpa kaca sebagai sekat pemisah.

 

 

 
Duduk bersantai di bangku?

 
Ternyata ini hanyalah lukisan di dinding. Dimana dengan hanya mendekatkan badan ke dinding dan berpose tertentu seolah-olah kita sedang duduk di bangku. Admin rasa, pose ini adalah pose yang paling sulit, hehehe

 

 
Di dalamnya juga terdapat profil beberapa painter (pelukis) yang berkat keahlian mereka terciptalah hasil karya yang menakjubkan. Bravo for Great Painter.

 

 
Trapped in Mr. Hellow Glases?

Terperangkap di dalam gelas?
Tenang saja,ini bukanlah gelas sungguhan. Coba dan rasakan sensai yang berbeda!

 

 
Pernah menonton film The JAWS? Film yang bercerita tentang seekor hiu ganas pembunuh. Admin merekomendasikan lukisan ini. Walaupun bukan hiu asli, cukup untuk membuat bulu kuduk berdiri. Terasa seperti bertemu dengan yang asli. So Scare.

Selain bisa menambah luasnya daya berimajinasi, kita bisa menikmati bermain sambil belajar jika berkunjung ke museum ini.

Buat sahabat すかSUKI, silahkan berkunjung dan mencoba ya. Siapkan kamera tentunya! Jangan lupa pose ciamiknya ya!

Salam すかSUKI

SUSHI ENAK & TERKENAL DI TOKYO

Buat kalian yang tinggal atau berencana akan ke Jepang, rugi kalau tidak mencoba kuliner khas negeri sakura ini. Bayangan mengerikan tentang ikan mentah, amis dan eneg akan membayangi kalian sebelum mencoba makanan yang satu ini. Salah memilih restoran juga akan mengakibatkan image kalian tentang Sushi menjadi lebih buruk.

Tapi, jangan bilang `tidak bisa makan sushi` sebelum mencoba Sushi di Midorizushi yang sangat terkenal di Tokyo ini. Bahkan antriannya sangat panjang dan memakan waktu sekitar satu sampai dua jam hingga akhirnya bisa masuk ke restoran ini. Pengunjung di restoran di Midorizushi ini tidak hanya orang Jepang saja, namun orang-orang asing seperti Eropa, Amerika, China dan Korea sangat menggemari Sushi di restoran ini dan rela mengantri panjang.

 

Antrian di Midorizushi

 
Midorizushi pusatnya ada di Umegaoka, dan memiliki beberapa cabang di sekitar Tokyo diantaranya di Ginza, Ikebukuro, Shibuya, Tamagawa, Akasaka, Kichijoji, dan bahkan baru membuka cabang di Nagoya.

Dari beberapa tempat di atas, semuanya harus mengantri panjang untuk bisa makan di restoran sushi yang satu ini. Namun tempat yang sangat praktis berada di Shibuya, yaitu di salah satu gedung Mark City yang bersebelahan dengan stasiun Shibuya dan tidak perlu berpanas-panasan mengantri Karena lokasinya berada di dalam gedung.

Untuk mengantri, pertama-tama kita harus mencetak nomor antrian pada mesin yang tersedia di depan Restoran. Bahkan bisa juga mengambil nomor antrian melalui online di internet dengan mengakses website sushinomidori.co.jp. Buat yang tidak mengerti Bahasa Jepang, tidak perlu khawatir karena website tersebut tersedia 4 bahasa yaitu Bahasa Jepang, Bahasa China, Bahasa Korea dan Bahasa Inggris.

Sushi di restoran ini menggunakan ikan yang sangat segar dan sangat menjaga kualitas rasa sehingga dijamin rasanya tidak amis sama sekali.

Di bawah ini adalah jenis-jenis sushi yang tersedia di Midorizushi, dari mulai telur ikan salmon, irisan daging mentah atau biasa disebut sashimi hingga sushi dengan berbagai macam kombinasi.

 

 

 

 

 

 
Servis dan pelayanannya pun sangat baik sehingga memuaskan pengunjung.

 

 
Tidak hanya ikan mentah, unagi dan anago (belut) yang dibakar juga merupakan salah satu menu andalan di restoran ini. Namun salah satu makanan yang sangat terkenal dan sangat disukai di restoran ini adalah Kanimiso sarada (Salad kepiting dengan miso). Porsinya lumayan banyak dengan harga sekitar 600 yen dan rasanya luar biasa enak.

 

 

 
Jadi, tidak hanya Sushi ya guys, saladnya pun juga sangat recommended. Dari segi harga, sangat terjangkau dan standar banget. Tak perlu merogoh kocek banyak untuk makan di restoran sushi yang enak. Hanya perlu sedikit kesabaran mengantri ya guys. Jadi, jangan sampai nggak nyobain sushi terkenal di Tokyo ini ya!

寿司の美登利(Sushi no Midori)
URL : http://sushinomidori.co.jp/eng/

Puasa Ramadhan di Jepang

Bagi warga Indonesia yang sedang merantau di Jepang, Ramadhan di Jepang tentu berbeda dengan di Indonesia. Ketika melaksanakan puasa ramadhan di Indonesia, akan banyak ditemui penjual makanan yang menjual makanan di jam-jam menjelang buka puasa. Sedangkan, di Jepang yang tidak terdapat bulan Ramadhan di kalendernya, selama 24 jam kita akan melihat pemandangan makanan yang menggoda iman. Selain terdapat godaan dari makanan-makanan yang terlihat lezat, aktivitas sehari-hari di Jepang juga lebih sibuk dan melelahkan dibandingkan ketika di Indonesia. Bagi orang Indonesia yang pertama kali menjalankan ibadah puasa ramadhan di Jepang, tentu akan tercengang dengan durasi puasa yang lebih panjang ketika bulan ramadhan jatuh di musim panas atau di pergantian musim semi ke musim panas. Dengan kondisi sehari-hari yang sangat melelahkan dan durasi puasa 3 sampai 4 jam lebih panjang, terkadang akan muncul perasaan ragu “Hari ini bisa puasa penuh tidak ya?”

 

Gambar 1 : Mengantri untuk mendapatkan jatah berbuka puasa>

 
Berdasarkan pengalaman pribadi, niat adalah kunci utama untuk tetap bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan di Jepang dengan kehidupan sehari-hari yang luar biasa sibuk dan durasi puasa yang lebih panjang. Selain itu, walaupun durasi puasa ramadhan ketika jatuh di musim panas lebih panjang daripada di Indonesia, durasi yang sangat panjang tersebut tidak terasa apabila kita menjalani aktivitas yang sibuk.

 

Gambar 2 : Menu berbuka puasa

 
Hal yang membedakan puasa di Jepang lainnya yaitu kita tidak akan mendengar suara adzan masjid maupun bedug kalau tidak pergi ke masjid. Bagi umat muslim yang tinggal di sekitar Tokyo yang ingin merasakan nuansa Ramadhan bersama teman-teman muslim lainnya masih bisa menjalankan puasa dengan nuansa Ramadhan ke salah satu masjid terdekat. Selama satu bulan penuh Ramadhan diselenggarakan iftar (berbuka puasa) bersama di masjid tanpa dipungut biaya a.k.a gratis. Selain bisa menjalin silaturahim dengan teman-teman muslim lainnya, rindu menjalankan ibadah puasa Ramadhan di Indonesia akan sedikit terobati. Inilah, beberapa dokumentasi iftar bersama di salah satu masjid di Tokyo setelah Sholat Maghrib berjamaah.

 

Gambar 3 : Suasana berbuka puasa di Jepang

 
Kita tidak perlu takut untuk puasa di negara minoritas muslim dengan aktivitas super padat dan durasi puasa yang lebih panjang. Karena puasa Ramadhan akan lebih berkesan di kondisi antimainstream.

Museum Luar Angkasa TeNQ

Selamat siang Sahabat すかSUKI, apa kabar? Dari sekian banyak sahabat すかSUKI, tentunya ada yang tertarik dengan benda langit, dan mempunyai keinginan yang besar untuk lebih mengetahui tentangnya. Untuk menjawab keinginan Sahabat すかSUKI, kali ini Kami akan berbagi pengalaman saat すかSUKI berkesempatan mengunjungi Museum Luar Angkasa TeNQ atau TeNQ Uchuu Museum.

Pintu Masuk TenQ

Kata “Ten” dari TeNQ sendiri memiliki beberapa arti dalam Bahasa Jepang, yakni天(Ten berarti langit), 展(Ten berarti pameran), dan点(Ten berarti titik). Sedangkan “Q” dari TeNQ memiliki banyak arti, yang diantaranya adalah “Quest”, “Question”, juga 球 (Kyuu berarti bulat). Dari nama ini dapat dipahami bahwa, TeNQ memiliki tujuan untuk menyajikan pengetahuan dan jawaban dari pertanyaan tentang luar angkasa.

Museum ini dapat dijangkau dengan mudah, cukup naik kereta di Jalur Sobu menuju Stasiun Suidobashi. Sesampainya di Suidobashi, sahabat すかSUKI bisa langsung bertanya kepada petugas stasiun, di manakah letak museum TeNQ. Letak Museum ini berdekatan dengan Tokyo Dome, sangat mudah untuk ditemukan. Tiket masuk bisa dipesan sehari atau dua hari sebelumnya, dengan harga 1600 yen untuk orang dewasa dan 1000 yen untuk anak-anak berumur 4-12 tahun atau manula berumur 65 tahun ke atas. Tiket juga bisa dibeli langsung di tempat, dengan harga sedikit lebih mahal.

Museum ini terbagi menjadi tujuh ruangan, di mana masing-masing ruangan memiliki keunikan tersendiri. Ruangan pertama adalah pintu masuk. Sambil pengecekan tiket masuk dilakukan, sahabat akan disambut dengan display menarik yang akan menarik minat kita terhadap luar angkasa. Selanjutnya, memasuki ruangan kedua yakni terowongan gelap yang disebut Tunnel Zero. Sahabat すかSUKI tidak perlu khawatir karena perjalanan kita akan dipandu oleh Guide, serta adanya lampu penerang di sekitar kaki kita sebagai penuntun jalan.

Dari sana kita akan memasuki ruangan ketiga yang bernama Hajimari no Heya atau The Room of Beginning. Ruang dengan luas kurang lebih 20 meter persegi, dengan ketinggian 4,5 meter dimana hampir semua bagian dindingnya ditempeli dengan proyeksi mapping, sehingga kita seolah olah melihat layar bioskop yang sangat lebar. Pada proyeksi mapping tersebut kita akan melihat penayangan berbagai macam sejarah awal terbentuknya bumi, benda langit, penemuan-penemuan zaman dahulu, dan berbagai macam hal lainnya. Penanyangan ini berdurasi sekitar 20 menit.

Ruangan selanjutnya adalah ruangan bernama Theater Sora atau Theater Langit. Ruangan ini menyajikanpemandangan langit yang tidak biasa dan sangat menakjubkan. Proyeksi mapping berbentuk bulatan di bawah kaki kita akan menyajikan gambaran luar angkasa yang indah, seakan-akan kita sendiri sedang berada di luar angkasa sana.

Ruangan Sains1

Ruangan Sains2

Ruangan Sains4

Ruangan ke lima adalah Ruang Sains. Disini kita bisa melihat hal yang sedang atau dalam penelitian para ahli peneliti. Di sini terdapat ruangan khusus yang dibuat dengan kerjasama Universitas Tokyo. Di ruangan ini kita juga bisa melihat dan menyentuh secara langsung bagian asli dari batu meteor yang ukurannya sangat kecil.

Ruang Imajinasi1

Ruang Imajinasi2

Ruang Imajinasi7

Ruangan keenam adalah Ruangan Imajinasi. Di ruangan ini terdapat berbagai macam permainan yang berbau sains, seperti mengamati bintang lewat teropong, sambil berimajinasi dan menyusun puzzle, memasukan bola kedalam lubang sebagai simulasi landaskan roket yang di gerakkan oleh komputer, dimana kita berperan sebagai pilotnya. Di sini juga terdapat baju astronaut yang digantung dilangit langit.

Ruangan terakhir berupa Exhibitions atau tempat pameran, dimana kita bisa berfoto dengan patung alien, bepose diatas bulan buatan, dan masih banyak lagi. Di sini juga kita bisa melihat bagaimana tapak kaki kita ada di bulan dengan tekhnologi canggih jepang. Di dekat pintu keluar dijual berbagai macam merchandise berupa makanan untuk orang luar angkasa, gantungan kunci, tas, baju dan lainnya.

website TeNQ(bahasa Inggris) http://www.tokyo-dome.co.jp/tenq/e/