Memperoleh Dana Pensiunan Nasional, Premi Asuransi dan Pensiunan Kaum Lanjut Usia

12 1月 2018, 1.07 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Salah satu jaminan sosial yang disediakan oleh perusahaan Jepang adalah Program Pensiunan. Program ini terdiri dari 3 jenis, tapi dalam artikel すかSUKI kali ini akan memperkenalkan tentang program pensiunan nasional Jepang. Dalam program pensiunan nasional ini terdapat tunjangan pensiun bisa didapatkan mulai usia 65 tahun sebagai uang kebutuhan hidup atau disebut (Rourei Nenkin), program Pensiun bagi yang mendapatkan musibah kecelakaan (Shougai Nenkin) dan Pensiun untuk Keluarga Almarhum (Izoku Nenkin). Jadi jika suami selaku kepala keluarga meninggal dunia, maka istri dan anaknya berhak memperoleh dana pensiun.

【Persyaratan Kenggotaan Program Pensiunan Nasional 】

Anggota program pensiunan nasional merupakan setiap orang yang tinggal di Jepang termasuk warga asing yang berusia antara 20 hingga 59 tahun. Anda tidak bisa menolak program ini, karena program ini diwajibkan oleh pemerintah. Namun sebaliknya, orang Jepang yang beraktivitas di luar negeri dan tidak memiliki tempat tinggal di Jepang tidak wajib membayar premi asuransi.

【Pembebasan Pembayaran Premi】

Pada umumnya, orang yang tinggal di Jepang dan telah mencapai usia 20 tahun diwajibkan membayar premi asuransi. Namun, jika pemohon tidak memenuhi kualifikasi, maka pemohon tidak diwajibkan membayar premi.

〇Pelajar

Jika anda belajar di institusi legal, maka anda tidak diwajibkan untuk membayar premi asuransi. Saya rasa banyak orang yang memanfaatkan sistem ini untuk tidak membayar preminya.

〇Warga dengan Penghasilan Rendah

Membayar premi asuransi pensiunan nasional adalah beban yang besar jika anda atau keluarga yang tinggal bersama anda berpenghasilan rendah. Karenanya, terdapat beberapa jenis sistem pembebasan premi yang disesuaikan dengan jumlah penghasilan anda, diantaranya pembayaran seperempat (3/4 dari preminya dibebaskan), pembayaran setengah (1/2 dari preminya dibebaskan), pembayaran tiga-perempat (1/4 dari preminya dibebaskan), hingga pembebasan penuh.

【Jumlah Premi Asuransi Pensiun Nasional】

Premi asuransi bulan Januari 2017 selama sebulan adalah 16.490 Yen. Premi setiap bulannya harus dilunasi sebelum akhir bulan berikutnya. Misalnya: premi bulan januari 2017 harus dibayar sebelum akhir bulan Februari 2017. Sebelumnya pembayaran premi hanya bisa dilakukan melalui rekening bank atau minimarket yang melayani pembayaran tersebut, namun sekarang anda juga bisa membayarnya dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.
Lalu tersedia juga diskon (potongan) premi jika anda membayar premi di muka (prabayar) untuk suatu periode tertentu di masa mendatang misalnya premi selama 6 bulan, setahun, ataupun 2 tahun. Jika anda membayar premi untuk 2 tahun, maka anda akan mendapatkan diskon (potongan) premi sebanyak 15.640 Yen lebih murah dibandingkan dengan membayar premi bulanan.

Syarat Untuk Menerima Pensiun Kaum Lanjut Usia

• Telah membayar premi asuransi selama 10 tahun lebih
Kebijakan yang sebelumnya diterapkan sampai bulan Juli 2017 adalah untuk mendapatkan dana pensiun kaum lanjut usia, anda diharuskan membayar premi selama 25 tahun.
Rentang waktu yang sangat lama, bukan?
Dengan demikian, anda harus terus-menerus membayar premi sejak menginjak usia 20 tahun sampai usia 45 tahun, baru kemudian mempunyai hak untuk mendapatkan dana pensiun kaum lanjut usia. Namun jika anda tidak membayar premi walau hanya sebulan saja, maka anda tidak akan mendapatkan dana pensiun sepeserpun.
Tapi, kebijakan tersebut berubah sejak bulan agustus 2017. Salah satu perubahannya adalah jika sebelumnya anda tidak akan mendapatkan dana pensiun sama sekali karena baru membayar premi selama 20 tahun, maka dengan diterapkannya kebijakan yang baru anda bisa menerima dana pensiun.

Jumlah Dana Pensiun Kaum Lanjut Usia

Rentang Waktu Pembayaran Premi
• 65.000 Yen/bulan (bila telah membayar premi pensiun selama 40 tahun)
• 16.000 Yen/ bulan (bila telah membayar premi pensiun selama 10 tahun)

Sesuai dengan kebijakan yang baru, anda akan mendapatkan dana pensiun setelah membayar premi selama 10 tahun. Namun sebaiknya anda membayar premi selama 40 tahun. Hal ini dikarenakan jika anda membayar sedikit premi, maka tentu saja dana pensiun yang anda dapatkan di masa mendatang pun sedikit. Karena walaupun anda menerima 16.000 Yen setiap bulannya, hidup dengan hanya mengandalkan jumlah uang tersebut merupakan hal yang mustahil.

Bagi orang-orang yang bekerja di perusahaan, pembayaran preminya akan dipotong dari gaji yang diterima setiap bulan. Karenanya jumlah dana pensiun yang diterima di masa mendatang dihitung berdasarkan jumlah kalkulasi gaji dan premi pensiun yang dipilih.すかSUKI akan menjelaskan mengenai “sistem pensiun bagi karyawan perusahaan” secara terpisah di artikel selanjutnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sistem pensiunan nasional Jepang anda dapat mendownload file tersebut melalui link di bawah ini:
Mekanisme Sistem Pensiun Nasional (Bahasa Indonesia)
http://www.nenkin.go.jp/pamphlet/kokunenseido.files/7Indonesian.pdf

Program pensiunan di Jepang diatur berdasarkan undang-undang yang telah diamandemen berkali-kali, hingga menjadi sistem yang kompleks. Oleh sebab itu, banyak orang Jepang yang tidak tahu dengan pasti mekanismenya walaupun selalu membayar preminya setiap bulan. Karena pada dasarnya mekanismenya sama seperti membayar pajak yang dikumpulkan secara paksa, padahal kita semua ingin memahami setidaknya sedikit mekanismenya bukan?

Related Post

Berapa Biaya Sewa Rumah Jika Tinggal di Jepang?

7 12月 2017, 8.32 am / By : Yasuyuki Miyashita

Jika kalian semua datang …

CONTINUE READING

Leave your comment