Meningkatnya Jumlah Pemagang Kerja Teknis yang Menghilang

30 12月 2017, 9.01 am / By : Yasuyuki Miyashita

Rincian Negara dengan Banyaknya Orang yang Hilang

“Sistem Pemagangan Kerja Teknis” merupakan sistem yang diperuntukkan bagi orang-orang yang datang ke jepang untuk memperoleh keterampilan, dan setelah itu diharapkan dapat menerapkannya di negara asal, yang pada dasarnya keterampilan tersebut sudah dipelajari selama 3 tahun di perusahaan jepang. Menurut data Menteri kehakiman Jepang, terdapat 251.721 pemagang kerja teknis di jepang pada akhir bulan juni, namun seiring dengan jumlah tersebut jumlah pemagang kerja teknis yang menghilang pun mengalami peningkatan.

Hingga akhir bulan juni tahun ini, jumlah pemagang kerja teknis yang menghilang mencapai 3205 orang. Untuk pertama kalinya selama setengah tahun jumlahnya melebihi 3000 orang dan jika keadaan ini terus berlanjut maka kemungkinan akan terdapat 6000 pemagang yang hilang dalam kurun waktu satu tahun.

Rincian Negara dengan banyak pemagangnya yang menghilang diantaranya Vietnam dengan jumlah terbanyak yaitu 1618 orang, diikuti China 869 orang, Myanmar 227 orang, dan Kamboja 204 orang. Sebagai tambahan informasi, negara dengan jumlah pemagang kerja teknis yang terbanyak adalah Vietnam yakni 104.802 orang, berikutnya China dengan 79.959 orang. Jadi dapat disimpulkan bahwa hampir 70% pemagang kerja teknis di Jepang berasal dari kedua negara tersebut.

Saya merasa lega karena indonesia tidak menempati urutan pertama dalam jumlah orang hilang. Namun, sebelumnya negara dengan jumlah pemagang hilang tertinggi adalah China, tapi sekarang berubah menjadi Vietnam dan tidak menutup kemungkinan Indonesia akan menempati urutan tersebut di kemudian hari.

Alasan Menghilangnya Pemagang Kerja yang dideportasi

Tahun Lalu, Menteri Kehakiman jepang melakukan survei terkait alasan menghilangnya pemagang kerja yang dideportasi. Melalui survei tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut:
• Gaji yang diterima tidak sebanyak yang diharapkan
• Mendengar dari teman bahwa ada perusahaan yang memberi gaji lebih tinggi
• Pelecehan/ pembulian di perusahaan, mengalami Pelecehan seksual

Diantara alasan menghilangnya pemagang kerja teknis yang dideportasi , terkait “gaji” sebenarnya merupakan hal yang dapat diketahui jika pemagang mendengar penjelasan rinci sebelum pergi ke Jepang. Namun tentu saja, jika gaji yang diterima lebih sedikit dibanding jam kerjanya berarti memang terdapat masalah di perusahaan tersebut.

Tentu saja perusahaan harus membayar pekerja sesuai jam kerjanya, namun kalian harus tahu bahwa ada juga perusahaan yang tidak membayarnya. Saya sebagai orang jepang turut menyesali adanya perusahaan semacam ini. Sedangkan tentang pelecehan merupakan hal yang tidak dapat dipahami kecuali benar-benar mulai bekerja, tapi apabila diri kita sendiri yang mengalami hal tersebut, kita harus memastikan kemana dan pada siapa kita harus mendiskusikannya. Hal ini pun berlaku untuk orang Jepang yang sedang bekerja.

Sejak tanggal 1 November 2017 telah tersedia situs untuk konsultasi
Organization for Technical Intern Training
https://www.support.otit.go.jp/soudan/id/

Mau Mencari dan Pentingnya Memperoleh Informasi

Salah satu tujuan website すかSUKI adalah menyampaikan fakta yang terjadi di Jepang. Sebelum pergi ke Jepang, mengetahui informasi tentang jepang adalah hal yang sangat penting. Karena ada juga kasus dimana orang asing ditipu karena tidak mengetahui segala sesuatunya, dan bahkan kalau tidak tertipu pun ada kemungkinan anda tidak bisa melakukan hal yang anda mau. Jika demikian,maka hidup anda bisa berantakan.

Agar anda tidak mengalami kesulitan selama berada di Jepang sebaiknya anda tidak terlalu mempercayai hal yang dikatakan oleh orang lain. Mari jadi pribadi yang aktif mencari informasi dengan selalu menanyakan informasi langsung pada orang yang bersangkutan dan selalu mencari informasi di internet.

Sekarang adalah zaman dimana siapapun dapat memperoleh informasi di internet. Jika anda tidak hanya memperoleh informasi dari yang dikatakan orang lain, namun juga aktif mencari informasi sendiri, maka seiring berjalannya waktu informasi yang diperoleh pun semakin bervariasi. Namun bukan berarti informasi yang banyak adalah hal yang baik, sangatlah penting bagi anda untuk memilah informasi yang anda butuhkan dari sekian banyak informasi yang ada.

Tentang Sistem Pemagangan Kerja Teknis ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu informasi yang wajib teman-teman すかSUKI ketahui agar tidak menjumpai masalah saat pergi ke Jepang, juga dapat mempelajari keterampilan melalui pekerjaan di Jepang. Di sisi lain, karena sistem yang ada tidak sesuai dengan realitasnya, maka adanya orang yang hilang, dan berbagai permasalahan lainnya pun teridentifikasi.

Di bulan November, sistem baru penerimaan pemagang kerja teknis di bidang keperawatan telah dimulai. Jika tenaga kerja berkurang, maka pemagang kerja teknis yang datang ke Jepang akan semakin bertambah bukan? Bersamaan dengan hal itu, terdapat kemungkinan masalah yang berkaitan dengan Sistem Pemagangan Kerja Teknis pun akan terus bertambah.

すかSUKI akan terus menuliskan informasi seputar Jepang, demi teman-teman yang akan datang ke Jepang.

Related Post

Japanese World UNAIR

22 1月 2018, 2.00 pm / By : Endah Nur Safariyah

すかSUKI kembali hadir deng…

CONTINUE READING

Neko Cafe ~ Tempat Mengopi Bersama Kucing~

28 12月 2017, 7.40 am / By : Misaki Nishimura

Apakah kalian pernah mera…

CONTINUE READING

Leave your comment