Tunjangan Asuransi Kepegawaian yang Diterima Saat Berhenti Kerja

28 11月 2017, 7.36 am / By : Yasuyuki Miyashita

Jepang memiliki sistem asuransi sosial yang tujuannya mendukung orang-orang yang sedang menjalani hidup di Jepang. Salah satu jenis asuransi sosial adalah asuransi Kepegawaian, dan asuransi tersebut memiliki berbagai jenis tunjangan dengan para tenaga kerja sebagai sasarannya.

Kali ini, すかSUKI akan memperkenalkan tentang ‘Tunjangan Dasar’ yang bisa diterima ketika kalian mengundurkan diri ketika bekerja di Jepang.

 

【Orang yang Bisa Masuk ke Asuransi Kepegawaian】

Ada orang yang mendapatkan visa kerja dan bekerja di Jepang, dan ada juga yang menyambi kerja parttime sambil sekolah. Tetapi tidak semua orang bisa menjadi anggota Asuransi Kepegawaian, hanya orang yang memenuhi syarat sesuai hukum yang berlaku yang bisa masuk.

(Orang yang bisa menjadi anggota Asuransi Kepegawaian)
①. Orang yang jam kerjanya lebih dari 20 jam/ minggu.
②. Orang yang diharapkan memiliki kontrak kerja lebih dari 31 hari dengan perusahaannya.

Orang memenuhi syarat nomor 1 dan 2, otomatis akan menjadi anggota Asuransi Kepegawaian meskipun warga asing sekalipun. Sebaliknya, meskipun kita ingin tetapi tidak memenuhi syarat, perusahaan yang harus memasukkan karyawannya menjadi anggota asuransi.

Tetapi, tujuan utama pelajar (termasuk pelajar asing) adalah belajar dan bukanlah bekerja.
Karena itu, meskipun memenuhi syarat nomor 1 dan 2 tadi, orang yang bersekolah pada siang hari tetap tidak bisa menjadi anggota Asuransi Kepegawaian.

 

【Tunjangan yang Diterima Jika Berhenti Kerja】

Ketika bekerja kita bisa menerima gaji, tapi jika mengundurkan diri hidup akan menjadi lebih susah karena tidak menerima uang secara stabil. Beruntung apabila sudah diterima kerja di perusahaan lain, tapi jika proses pencarian kerjanya dilakukan setelah berhenti kerja, waktu untuk mencari akan makin pendek karena disambi bekerja part-time. Nah, supaya orang yang berhenti kerja bisa tenang dan fokus dalam mencari pekerjaan lain, maka ada ‘Tunjangan Dasar’ yang akan diberikan dalam Asuransi Kepegawaian.

 

【Orang Seperti Apa yang Bisa Menerima Tunjangan Dasar】

‘Tunjangan Dasar’ bukanlah sesuatu yang bisa diterima oleh siapapun yang berhenti kerja.

③. Masa Anggota Asuransi Kepegawaian
Sebelum berhenti, dalam 2 tahun harus menjadi anggota Asuransi Kepegawaian selama total 1 tahun lebih. Ini adalah syarat yang paling penting. Singkatnya, orang yang bekerja hanya dalam waktu pendek misal 3 bulan saja tidak bisa menerima Asuransi Kepegawaian.

④. Niat Mencari Kerja
Ingin bersantai sebentar setelah berhenti kerja, atau sudah tidak ada rencana bekerja lagi. Dalam kasus seperti ini, kalian tidak bisa menerima ‘Tunjangan Dasar’. Karena mungkin ada orang yang sebenarnya tidak mencari kerja dan hanya ingin menerima ‘Tunjangan Dasar’ saja. Pengajuan permohonan ‘Tunjangan Dasar’ berlangsung 1 kali per 28 hari. Surat Keterangan sedang mencari kerja dibutuhkan sebagai bukti saat mengajukan permohonan. Jika tidak benar-benar sedang mencari kerja maka tidak ada surat keterangan, dan akhirnya malah tidak bisa menerima ‘Tunjangan Dasar’.

 

【Jumlah Tunjangan Dasar】

Yang paling membuat penasaran tentu saja adalah tentang uang. Yang digunakan untuk menghitung ‘Tunjangan Dasar’ adalah jumlah gaji yang diterima tiap bulan ditambah tunjangan transportasi.

Di sini, saya akan memberikan sebuah contoh.
<Sdr. すかSUKI (25 tahun, mengundurkan diri atas alasan pribadi) >
Gaji pokok : 200.000 yen
Tunjangan transportasi : 10.000 yen
Sebagai contohnya, Sdr. すかSUKI setiap bulan menerima gaji total 210.000 yen dan mengundurkan diri atas niat pribadi

Untuk menghitung ‘Tunjangan Dasar’, pertama-tama adalah jumlah gaji yang diterima selama 6 bulan sebelum mengundurkan diri dibagi 180.

(210.000 x 6) ÷ 180 = 7.000 yen.
Meskipun di kasus kali ini sdr. すかSUKI setiap bulan hanya menerima gaji pokok, uang lembur dsb juga akan dihitung jika ada.

Lalu, mari coba terapkan rumus yang telah ditetapkan oleh negara ke hasil 7.000 yen dari perhitungan di atas tadi. Dalam kasus sdr. すかSUKI, perhitungannya menjadi seperti di bawah ini:

(( -3 × 7.000 yen × 7.000 yen ) + ( 69.980 × 7.000 yen )) ÷ 70.300
= 4.877 yen.

Rumit sekali ya… kenapa rumus ini yang digunakan? Karena sudah ditetapkan oleh negara. Rumus yang susah diingat ya.

(Batas Maksimal Tunjangan Dasar)
Dari hitungan di atas, bisa disimpulkan bahwa Sdr. すかSUKI bisa menerima ‘Tunjangan Dasar’ sebesar 4.877 yen per harinya. Jika gajinya makin tinggi, nominal ‘Tunjangan Dasar’ juga akan makin tinggi. Karena itu batas maksimalnya dibuat seperti di bawah ini:

 

Usia Batas Maksimal Jumlah Tunjangan Dasar
Sampai dengan 30 tahun 6.710 yen
31-45 tahun 7.455 yen
46-60 tahun 8.205 yen
61-65 tahun 7.042 yen

 
Nominal di atas akan direvisi setiap tanggal 1 Agustus. Usia 46-60 tahun nominalnya paling tinggi dikarenakan usia tersebut adalah masa dimana membutuhkan uang paling banyak demi menafkahi keluarga. Anak muda menerima sedikit karena belum menikah, jadi meskipun tidak memiliki terlalu banyak uang kehidupannya tidak akan bermasalah, juga karena anak muda lebih mudah menemukan pekerjaan baru.

Jadi sdr. すかSUKI hanya bisa menerima maksimal 6.710 yen meskipun jika dihitung hasilnya lebih dari itu dikarenakan usianya.

 

【Berapa Lama Bisa Menerima Tunjangan Dasar】

Untuk pengunduran diri dengan alasan pribadi, bisa menerima ‘Tunjangan Dasar’ dengan jangka waktu berikut:

Lama Menjadi Anggota Asuransi Kepegawaian Lamanya Tunjangan Dasar Dibayarkan
1-10 tahun 90 hari
11-20 tahun 120 hari
Lebih dari 20 tahun 150 hari

 
Kelihatannya banyak orang yang mengundurkan diri setelah bekerja selama 10 tahun dan menerima jatah ‘Tunjangan Dasar’ selama 90 hari. Sdr. すかSUKI juga menerima selama 90 hari.

Kalau begitu, berapa nominal ‘Tunjangan Dasar’ paling besar yang bisa sdr. すかSUKI terima?
Bisa disimpulkan jumlahnya adalah 4.877 yen × 90 hari = 438.930 yen.

Jika telah mendapat pekerjaan sebelum menerima seluruh jatah 90 hari tunjangan dasar tersebut, kita tidak bisa menerima sisanya karena sudah mendapat gaji dari perusahaan. Apa boleh buat ya, karena uang itu hanya bentuk support dari negara selama belum menemukan pekerjaan saja.

Kali ini kami akan memberikan contoh yang paling umum. Dalam kasus orang yang kehilangan pekerjaan karena kondisi, misalkan diberhentikan karena bangkrutnya perusahaan, masa ‘Tunjangan Dasar’ yang dibayarkan akan makin panjang. Karena lamanya menjadi anggota Asuransi Kepegawaian, usia, alasan berhenti kerja dsb juga akan diperhitungkan. Sungguh sistem yang rumit.

Jika kalian ada yang berhenti kerja, silahkan cek ke bagian personalia perusahaanmu. Kalau kalian ada yang merasa tidak enak untuk bertanya ke perusahaan, atau tidak diberitahu oleh kantormu, jangan ragu untuk menghubungi すかSUKI ya!

Related Post

Yang Harus Diperhatikan Saat Mengirim E-mail

21 11月 2017, 6.00 am / By : Yasuyuki Miyashita

Di keseharian, kalian pas…

CONTINUE READING

Leave your comment