Ingin Merasakan Kehidupan Desa Di Jepang? Menginap Saja Di Kominka(古民家: こみんか)

29 10月 2017, 8.27 am / By : Misaki Nishimura
Gambar 1 : kominka tempat saya menginap

 
Apakah kalian pernah mendengar tentang kominka? Kominka adalah rumah tradisional Jepang yang dijadikan sebagai guesthouse. Ketika kita menginap di kominka, kita bisa merasakan kehidupan desa dan sekaligus mendapat teman baru. Sudah bosan menginap di hotel biasa? Ayo kita baca artikel ini!

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya ketika menginap di kominka yang terletak di pedesaan daerah prefektur Nagano(長野県: ながのけん).
Saya ke sana dengan seorang teman. Ketika kami sampai di kominka, kami disambut hangat oleh ownernya. Pada hari itu, ada 11 orang guest termasuk saya.

Pada malam hari, semua guest beserta sang owner akan berkumpul di dapur dan masak bersama-sama! Kalau di hotel, tidak mungkin seperti itu ya.

 

Gambar 2 : irori/perapian cekung

 
Bahan-bahannya sudah disiapkan oleh ownernya, jadi kami tinggal memasak saja. Sesudah masak, kami berkumpul di sekitar irori (囲炉裏/ いろり= perapian cekung). Lalu kami makan bersama sambil bercengkrama. Suasananya seperti zaman dulu dan enaknya luar biasa!!
Walaupun baru saja kenal dengan guest yang lain, kami langsung akrab karena sudah banyak mengobrol .

Oh iya, kominka tempat saya menginap itu, ternyata sudah berusia kira-kira 150 tahun! Berarti kominkanya dibangun pada akhir zaman Edo atau awal zaman Meiji! Oleh karena itu, kominka mempunyai banyak alat-alat kuno yang menarik. Untuk tidur, tentu saja memakai futon(布団/ ふとん: kasur lipat Jepang)dan tidurnya di kamar yang beralaskan tatami (畳/ たたみ= tikar jerami). Rasanya tenang sekali.

Foto berikut adalah suasana keesokan paginya.

 

Gambar 3 : Suasana pagi hari

 
Udaranya sangat segar karena sekitarnya dikelilingi oleh gunung, sawah, dan ladang sayur-sayuran.
Suara burung-burung juga sangat enak didengar.
Ownernya menceritakan kami tentang masakan khas dan budaya tradisional di daerah situ.

Bagi saya yang biasa sibuk kerja di Tokyo, pengalaman ini sangat berharga. Karena bisa merasakan kehidupan di desa, mengingatkan tentang ketradisionalan Jepang, dan mendapat teman baru.

Bagaimana teman-teman? Kalau ada yang sudah bosan menginap di hotel biasa, atau untuk teman-teman yang sedang capai kerja di kota besar dan ingin mencari hiburan, coba saja menginap di kominka. Kita bisa menemukan pengalaman baru.
Kalau tertarik, cari saja kominka di internet. Setiap kominka mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Biasanya bisa booking via website.

Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Post

Bus Wisata Kyoto

12 11月 2017, 3.08 pm / By : Hisae Hiraki

Kalian yang sedang belaja…

CONTINUE READING

RAMEN LANGKA YANG ENAK DI TOKYO

25 10月 2017, 9.45 pm / By : Bonita

Ingin makan ramen di Jepa…

CONTINUE READING

Leave your comment