Pembayaran Asuransi Kecelakaan Kerja

3 8月 2017, 7.24 am / By : Yasuyuki Miyashita

Asuransi Kecelakaan Kerja berlaku jika teman-teman terluka ketika sedang bekerja atau sedang melakukan perjalanan kerja. Kasus Jika teman-teman terluka, secara umum hal ini dibagi menjadi tiga, yaitu (1) kasus di mana kita terluka tapi tidak perlu beristirahat dan bisa melanjutkan bekerja, (2) kasus di mana kita harus istirahat dari bekerja, lalu (3) kasus di mana kita tidak bisa bekerja lagi dan harus berhenti kerja.

Asuransi Kecelakaan Kerja berguna untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini, karena itu artikel すかSUKI kali ini akan membahas jenis – jenis pembayaran Asuransi Kecelakaan Kerja.

 

【Pembayaran Asuransi Kecelakaan Kerja】

<Pembayaran (Penggantian) Pengobatan>

Pembayaran untuk kecelakaan kerja, disebut Manfaat Penggantian Pengobatan. Sedangkan untuk kecelakaan akibat perjalanan kerja, disebut manfaat Pengobatan.

(Rincian Pembayaran)
Manfaat Penggantian Pengobatan adalah pembayaran yang kita terima jika kita terluka atau terkena penyakit ketika sedang bekerja atau sedang dalam perjalanan kerja dari mulai pengobatan sampai kita pulih. Manfaat ini dibagi menjadi :

〇Manfaat Pengobatan
Dengan Manfaat Pengobatan, teman-teman tidak perlu membayar biaya obat untuk pengobatan di rumah sakit atau apotek yang telah ditunjuk oleh Asuransi Kecelakaan Kerja.

〇「Pembayaran Biaya Medis」
Jika di sekitar kita tidak ada rumah sakit atau apotek tertunjuk oleh Asuransi Kecelakaan Kerja, kita harus membayar biaya pengobatan terlebih dahulu. Nantinya, biaya pengobatan ini akan diganti oleh pemerintah sebagai Pembayaran Biaya Medis.

Kesimpulannya, teman-teman tidak perlu membayar apapun dari awal atau teman-teman harus membayar terlebih dahulu di mana nantinya biaya yang kita keluarkan untuk rumah sakit dan apotek akan diganti oleh pemerintah, sehingga pada akhirnya teman-teman tidak akan mengeluarkan biaya apapun untuk pengobatan.
Selain itu jika teman-teman memenuhi persyaratan yang ada, biaya perjalanan dari rumah atau perusahaan menuju rumah sakit juga akan diganti.

 

<Manfaat (Penggantian) Istirahat Kerja>

Dalam kecelakaan kerja, disebut TPenggantian Istirahat Kerja. Dalam kecelakaan akibat perjalanan kerja, disebut Tunjangan Istirahat Kerja.

(Rincian Pembayaran)
Tunjangan Penggantian Istirahat Kerja adalah pembayaran yang teman-teman dapatkan ketika kita tidak bisa bekerja dan tidak mendapatkan upah, karena luka atau terkena penyakit akibat kecelakaan kerja atau kecelakaan akibat perjalanan kerja.
Perlu diperhatikan, bahwa pembayaran ini hanya akan teman-teman dapatkan pada hari ke empat setelah mulai istirahat kerja. Pada hari pertama sampai hari ketiga istirahat kerja teman-teman tidak akan mendapatkan pembayaran.
Akan tetapi, dalam kasus kecelakaan kerja ini kita tidak akan mendapatkan upah selama tiga hari walau kecelakaan kerja itu bukanlah kesalahan kita. Oleh karena itu, “Labor Standards Act” menetapkan bahwa perusahaan harus membayarkan jumlah uang yang telah ditetapkan oleh Asuransi Kecelakaan Kerja selama tiga hari tersebut.

Pembayaran ini dibayarkan oleh pemerintah karena jika kita tidak mendapatkan upah kita tidak akan bisa menjalani kehidupan sehari-hari.

 

<Pembayaran (Penggantian) Sakit>

Dalam kecelakaan kerja, disebut Tunjangan Penggantian karena Sakit. Sedangkan dalam kecelakaan akibat perjalanan kerja, disebut Tunjangan Sakit.

Pembayaran kepada pekerja yang terluka atau terkena penyakit akibat kecelakaan kerja atau kecelakaan akibat perjalanan kerja yangt telah menjalani pengobatan selama satu setengah tahun, atau memenuhi persyaratan di bawah ini:
(1) Jika luka atau penyakit tidak pulih
(2) Cacat akibat luka atau penyakit termasuk dalam kriteria yang ditentukan oleh Asuransi Kecelakaan Kerja

(Rincian Pembayaran)
Pembayaran akan dibayarkan per tahun dan kompensasi sekali, tetapi jumlah pembayaran berbeda tergantung berat atau ringannya luka yang kita derita. Luka atau penyakit yang lebih berat akan mendapatkan pembayaran lebih banyak.

 

<Pembayaran (Penggantian) Cacat>

Dalam kecelakaan kerja, disebut Tunjangan Penggantian karena Cacat. Dalam kecelakaan akibat perjalanan kerja, disebut Tunjangan Cacat.

Pembayaran kepada pekerja yang terluka atau terkena penyakit akibat kecelakaan kerja atau akibat perjalanan kerja, di mana pada tubuhnya tertinggal suatu bentuk kecacatan permanen.

(Rincian Pembayaran)
Asuransi Kecelakaan Kerja telah mengatur pembayaran yang bisa kita terima tergantung dari cacat yang kita alami. Ada kasus di mana kita bisa mendapatkan tunjangan per tahun dan uang kompensasi sekaligus. Ada juga kasus di mana kita hanya akan mendapatkan kompensasi sekali.

 

<Pembayaran (Penggantian) Ahli Waris>

Dalam kecelakaan kerja, disebut Tunjangan Pengganti untuk Keluarga Almarhum. Dalam kecelakaan akibat perjalanan kerja, disebut Tunjangan untuk Keluarga Almarhum.

Pembayaran yang akan diberikan kepada ahli waris dari pekerja yang meninggal karena kecelakaan kerja atau kecelakaan akibat perjalanan kerja.

(Rincian Pembayaran)
Ada dua jenis pembayaran, yaitu Tunjangan (Penggantian) untuk Keluarga Almarhum yang diberikan per tahun dan Tunjangan (Penggantian) Ahli Waris yang hanya diberikan sekali sebagai kompensasi.

 

<Bantuan Biaya Pemakaman (Tunjangan Pemakaman)>

Dalam kecelakaan kerja, bernama Bantuan Biaya Pemakaman. Dan dalam kecelakaan akibat perjalanan kerja, adalah Tunjangan Pemakaman.

Pembayaran yang akan diberikan kepada pelaku pemakaman pekerja yang meninggal akibat kecelakaan kerja atau kecelakaan akibat perjalanan kerja.

(Rincian Pembayaran)
Bantuan Biaya Pemakaman (Tunjangan Pemakaman) biasanya diberikan kepada keluarga yang mengadakan pemakaman pekerja yang meninggal dunia. Tetapi, bantuan biaya ini bisa diberikan kepada teman atau kantor jika salah satunya mengadakan pemakaman untuk pekerja yang meninggal.

 

<Pembayaran (Penggantian) Perawatan>

Dalam kecelakaan kerja, disebut Tunjangan Penggantian Perawatan. Dalam kecelakaan akibat perjalanan kerja, disebut Tunjangan Perawatan.

(Rincian Pembayaran)
Pembayaran yang diberikan kepada pekerja yang sedang menjalani perawatan dan juga menerima tunjangan tahunan (Penggantian) Cacat atau Pembayaran (Penggantian) Sakit .

 

【Asuransi Kesehatan Tidak Bisa Digunakan untuk Luka dan Penyakit Akibat dari Kecelakaan Kerja atau Perjalanan Kerja】

Bila teman-teman terluka ketika sedang bekerja atau sedang dalam perjalanan kerja, segera hubungi kantor dan pastikan tindakan selanjutnya yang harus teman-teman ambil. Tergantung dari keadaannya, ada kemungkinan teman-teman harus segera pergi ke rumah sakit. Jika begitu, jelaskanlah dengan jelas penyebab luka teman-teman kepada dokter. Jelaskanlah bahwa luka teman-teman terjadi ketika sedang bekerja atau sedang dalam perjalanan kerja. Dengan begitu, rumah sakit dan apotek akan menangani pengobatan teman-teman menggunakan Asuransi Kecelakaan Kerja.

Perlu dicatat, kecelakaan kerja dan kecelakaan akibat perjalanan kerja tidak bisa ditangani menggunakan Asuransi Kesehatan. Asuransi Kesehatan adalah asuransi yang digunakan dalam privasi masing-masing dan memiliki peraturan yang berbeda. Selain itu, teman-teman harus membayar 30% dari biaya pengobatan jika teman-teman menggunakan Asuransi Kesehatan.

Bila perusahaan meminta teman-teman untuk menggunakan Asuransi Kesehatan, teman-teman harus melihat fakta yang ada. Jika teman-teman menggunakan asuransi yang salah, pengurusan asuransi akan menjadi sulit ke depannya dan ada kemungkinan teman-teman menjadi tidak bisa menggunakan Asuransi Kecelakaan Kerja.
Bila perusahaan menolak untuk menggunakan Asuransi Kecelakaan Kerja, teman-teman bisa langsung mengurus surat klaim kepada Lembaga Pengawasan Ketenagakerjaan setempat.

Dikarenakan peraturan yang sangat rumit, akan sulit untuk menjelaskan pengurusan klaim asuransi dan jumlah pembayaran yang akan didapatkan pada satu artikel. Karenanya, Artikel すかSUKI kali ini hanya menjelaskan gambaran Asuransi Kecelakaan Kerja dan jenis-jenis pembayarannya.

Bila teman-teman mendapat masalah seperti perusahaan tidak mau mengurus Asuransi Kecelakaan Kerja ketika teman-teman terluka atau sakit sewaktu melakukan pekerjaan, jangan ragu untuk menghubungi すかSUKI.

Related Post

Cara dan Biaya Mencari Tempat Tinggal di Jepang

19 2月 2024, 12.53 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Periksa informasi propert…

CONTINUE READING

Upah Minimum Regional Tahun 2023

27 10月 2023, 2.12 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Di Jepang, ada undang-und…

CONTINUE READING

Leave your comment