Cara Menggunakan Suica (e-money)

25 8月 2017, 1.50 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Suica adalah kartu e-money yang diperkenalkan di JR bagian Timur Jepang. Suica ini adalah benda yang sangat praktis, di mana salah satu fungsinya adalah kita dapat naik kereta tanpa membeli tiket terlebih dahulu. Sewaktu liburan atau ketika kita berwisata ke tempat yang ramai, ada kemungkinan teman-teman harus mengantri selama beberapa menit untuk membeli tiket. Bila teman-teman tidak mengantri, teman-teman bisa langsung naik ke kereta yang lebih cepat, dan teman-teman dapat menghemat waktu karena tidak perlu menunggu kereta yang selanjutnya.

Lalu, di mana teman-teman dapat membeli kartu praktis bernama Suica ini?

 

【Cara Membeli Suica】

① Cari mesin penjual tiket yang juga menjual Suica

 
② Tekan “Purchase new Suica”

 
③ Tekan tombol yang berada di tengah, “Suica New Purchase”

 
④ Pilih saldo yang diinginkan

Teman-teman bisa memilih untuk membeli Suica dengan isi saldo antara 1.000 yen sampai 10.000 yen. Perlu diingat, semua biaya pembelian akan dipotong 500 yen untuk biaya deposit kartu. Karena itu, saldo yang dapat teman-teman gunakan adalah saldo yang teman-teman pilih dikurangi 500 yen. Lalu, teman-teman bisa mengembalikan Suica yang telah tidak digunakan untuk mengambil kembali biaya deposit yang telah dibayarkan.

 
⑤ Masukkan uang yang diperlukan ke mesin penjual untuk pembayaran

 
⑥ Ambil Suica yang keluar dari mesin penjual

 
Bagaimana? Suica bisa dibeli dengan mudah, kan?

Suica sering digunakan untuk naik kereta, tetapi Suica juga bisa digunakan untuk naik bus, juga membayar pembelian di toko atau restoran tertentu.

Lalu, Suica bisa dibeli di JR bagian Timur Jepang, tetapi teman-teman dapat membeli kartu e-money lain bernama PASMO di stasiun kereta bawah tanah Tokyo ataupun perusahaan kereta api lainnya. PASMO ini sama dengan Suica, dapat digunakan untuk naik berbagai macam fasilitas transportasi termasuk kereta dari JR bagian Timur Jepang.

Dengan menggunakan kartu e-money, teman-teman tidak perlu mengantri untuk membeli tiket, mengeluarkan uang dari dompet untuk membayar, ataupun mengambil uang kembalian.Kartu e-money juga bisa menjadi kenang-kenangan ketika teman-teman pulang ke negara masing-masing.
Ketika teman-teman berada di Jepang dan ingin naik kereta untuk pertama kalinya, bagaimana kalau teman-teman juga mencoba untuk membeli kartu e-money seperti Suica?

Related Post

Cara dan Biaya Mencari Tempat Tinggal di Jepang

19 2月 2024, 12.53 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Periksa informasi propert…

CONTINUE READING

Leave your comment