Cara Menggunakan Loker Koin dengan Uang Tunai

28 7月 2017, 5.44 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Jepang semakin aktif menyambut para wisatawan luar negeri, sehingga tidak heran jika jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jepang pun semakin banyak. Termasuk juga di dalamnya wisatawan dari Indonesia.

Teman-teman pastinya memiliki barang bawaan banyak dan besar ketika berwisata. Akan tetapi, perjalanan wisata teman-teman akan terganggu jika barang bawaan itu harus dibawa ketika jalan-jalan. Teman-teman bisa menaruh barang bawaan di hotel setelah check in, tapi itu berarti teman-teman harus pergi ke hotel dulu setelah sampai di bandara Jepang. Hal ini pastinya akan menyita waktu teman-teman. Pada saat seperti itu, Loker Koin yang ada di stasiun adalah fasilitas praktis yang dapat teman-teman gunakan.

 

【Jenis Loker】

Secara garis besar, loker bisa dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah tipe dengan kunci listrik, dan tipe kedua adalah tipe yang menggunakan kunci biasa. Loker Koin tipe kunci listrik terbagi lagi menjadi dua tipe, yakni tipe yang pembayarannya menggunakan e-money dan tipe yang menggunakan uang tunai. Kali ini すかSUKI akan menjelaskan cara menggunakan Loker Koin dengan uang tunai.

 

Foto : Loker pada bagian depan dan kanan foto adalah loker tipe kunci listrik, di mana kita harus mengoperasikan layar sentuh untuk menggunakannya. Loker di sebelah kiri foto adalah tipe loker di mana kita harus memasukkan koin dan menguncinya dengan kunci biasa.

 

(Loker Koin dengan Kunci Listrik)

【Cara Menitipkan Barang Bawaan】

① Mencari loker kosong
Pada tipe loker kunci listrik, teman-teman bisa tahu loker tersebut kosong atau tidak dari nyala atau tidaknya lampu loker. Loker pada foto di atas adalah loker yang lampunya mati jika loker kosong, karena itu carilah loker dengan lampu yang mati dan pilihlah loker untuk menaruh barang bawaan teman-teman.

 
② Pilih “Checking” atau “Taking out”

Karena teman-teman ingin menitipkan barang bawaan, pilihlah “Checking”.

 
③ Pilih loker untuk menitipkan barang bawaan

Sewaktu すかSUKI menggunakan loker ini, loker yang kosong hanya ada di bagian kiri bawah. Teman-teman bisa mengetahui di mana ada loker kosong dengan mengecek layar sentuh, di mana loker kosong akan ditandai dengan warna biru muda.

 
④ Masukkan barang bawaan ke dalam loker dan tutup pintunya

Masukkan barang bawaan di loker warna biru muda pada panel foto ③ dan tutup pintunya.

 
⑤ Pastikan pintu loker sudah tertutup rapat

Loker 5005 yang tadinya berwarna biru muda akan berganti warna menjadi merah. Bila tidak ada masalah, tekanlah “Confirm” untuk melanjutkan.

 
⑥ Pilih cara pembayaran

Kali ini kita akan membayar menggunakan uang tunai, jadi pilihlah “Cash”. Pilihan “Suica” di sampingnya merujuk pada kartu e-money Suica, yaitu kartu e-money yang sering digunakan untuk naik kereta.

 
⑦ Pastikan jumlah uang yang harus dibayar

Dari layar, dapat dipastikan bahwa teman-teman harus membayar 400 yen untuk loker tempat kita memasukkan barang.

 
⑧ Masukkan uang

Masukkan uang sesuai biaya yang tertera. Loker ini hanya menerima uang pecahan 500 yen dan 100 yen saja.

 
⑨ Ambil tanda terima dengan PIN tertera di dalamnya

Setelah membayar, tanda terima berisi PIN akan keluar dari mesin.

 

Hati-hati jangan sampai kehilangan tanda terima ini, karena ada PIN untuk mengambil barang tertera di dalamnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, biasakan untuk mencatat PIN loker atau memfoto tanda terima ini dengan handphone teman-teman.

 

【Cara Mengambil Barang Bawaan】

① Pilih “Taking Out” pada menu

 
② Karena teman-teman menggunakan uang tunai, pilih “Your PIN”

 
③ Masukkan PIN yang tertera pada tanda terima

Masukkan PIN yang tertera pada tanda terima, pastikan PIN yang dimasukkan benar, lalu tekan “Confirm”.

 
④ Kunci listrik akan terbuka

Jika PIN yang teman-teman masukkan benar, kunci listrik dan pintu loker akan terbuka sehingga teman-teman dapat mengambil barang bawaan.

 
 

<Koin Loker Tipe Kunci>

Cara penggunaan Koin Loker dengan kunci sangatlah simple.

 

【Cara Menitipkan Barang Bawaan】

① Cari loker dengan kunci masih tergantung

Loker dengan kunci tergantung adalah loker yang masih kosong. Carilah loker dengan ukuran yang pas dengan barang bawaan teman-teman.

 
② Masukkan uang sesuai dengan biaya yang tertera
Pada foto di atas dapat diketahui bahwa biaya penggunaan loker adalah 400 yen. Masukkanlah uang koin yen ke lubang yang ada di atas kunci.

 
③ Kunci loker
Setelah membayar, teman-teman bisa mengunci loker. Putar kuncinya untuk mengunci loker dan ambil kunci dari tempatnya.
Hati-hati jangan sampai kehilangan kunci loker, karena teman-teman tidak akan bisa membuka loker tanpa kunci tersebut.

 

【Cara Mengambil Barang Bawaan】

① Cari loker tempat teman-teman memasukkan barang bawaan

 
② Masukkan kunci dan buka loker

 
③ Ambil barang bawaan

 
Kali ini すかSUKI memperkenalkan koin loker yang ada di Stasiun Tokyo. Stasiun-stasiun besar seperti Stasiun Tokyo memiliki banyak loker koin di berbagai tempat, sehingga bisa saja teman-teman lupa di mana loker koin tempat kita menaruh barang tadinya. Agar tidak lupa, selalu pastikan tempat loker yang teman-teman gunakan di stasiun tersebut.

Perlu dicatat, loker yang すかSUKI perkenalkan kali ini memiliki batas waktu 3 hari untuk teman-teman menitipkan barang di dalamnya. Jika lebih dari 3 hari, pada hari ke 4 barang akan diambil dan dipindahkan ke tempat lain. Barang akan disimpan terus di tempat tersebut selama 30 hari.

Berdasarkan peraturan, setelah melewati 30 hari ada kemungkinan barang bawaan akan dibuang oleh pihak pengelola. Para wisatawan biasanya tidak akan lama-lama menitipkan barang bawaannya di loker koin. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika teman-teman memperhatikan batas waktu penitipan barang di loker koin yang akan digunakan.

Related Post

Cara dan Biaya Mencari Tempat Tinggal di Jepang

19 2月 2024, 12.53 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Periksa informasi propert…

CONTINUE READING

Leave your comment