Cara Menggunakan Mesin Penjual Otomatis

12 6月 2017, 8.15 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Tidak hanya di stasiun dan gedung saja, kita bisa menemukan mesin penjual otomatis ketika berjalan-jalan di tengah kota di Jepang. Jepang juga mempunya convenience store, tetapi kita perlu waktu untuk mengantri di kasir setiap kita ingin membeli suatu barang. Lebih praktis untuk menggunakan mesin penjual otomatis ketika kita ingin membeli minuman saja. Artikel kali ini akan menjelaskan cara membeli minuman di mesin penjual otomatis, atau dalam bahasa Jepang disebut Jidou Hanbaiki.

 

【Membeli dengan Uang Tunai】

1.Memilih mesin penjual otomatis untuk membeli minuman yang diinginkan
Tipe mesin penjual otomatis ada banyak, karenanya minuman yang dijual berbeda-beda tengantung mesin penjualnya. Pertama, ayo cari mesin penjual otomatis yang menjual minuman yang teman-teman inginkan.
 

 

2.Memasukkan uang
Untuk pembayaran tunai, teman-teman bisa menggunakan baik uang koin maupun uang kertas. Tetapi mohon berhati-hati karena banyak mesin penjual otomatis yang tidak menerima uang koin 1 yen dan 5 yen, serta uang kertas 2.000 yen, 5.000 yen, dan 10.000 yen.
Mari lihat fungsi-fungsi mesin penjual otomatis pada gambar di bawah ini.
 

 
①Membayar menggunakan uang koin
②Membayar menggunakan uang kertas
③Tuas yang digunakan ketika ada kembalian
④Alat untuk membaca IC card

Jika teman-teman ingin membayar menggunakan uang koin, masukkan koin pada tempat nomor ①. Jika menggunakan uang kertas, masukkan uang pada tempat nomor ②. Rapikan uang kertas agar tidak terlipat, karena jika terlipat ada kemungkinan uang tidak akan terbaca oleh mesin.

 

3.Tekan tombol minuman yang ingin dibeli
Sebagai contoh, kali ini kita membeli minuman botol yang ada di sebeleh kanan atas dengan tombol berwarna biru menyala. Harganya 130 yen (sekitar Rp 15.000).
 

 
 

4.Ambil minuman yang keluar
Setelah menekan tombol, minuman akan jatuh ke bawah. Teman-teman bisa langsung mengambilnya.

 

 

5.Jangan lupa ambil uang kembalian jika ada
Akhir-akhir ini banyak mesin penjual otomatis yang dapat mengeluarkan uang kembalian secara otomatis, tetapi ada juga mesin penjual otomatis yang tidak seperti itu. Jika uang kembalian tidak keluar secara otomatis, kita harus memutar tuas nomor ③ untuk mengeluarkan uang kembalian.

 

【Membeli dengan IC Card】

Jepang memiliki IC Card yang dapat digunakan untuk membayar transportasi umum. Saldo yang ada dalam kartu tersebut juga dapat digunakan untuk membeli barang di mesin penjual otomatis.

1.Memilih mesin penjual otomatis untuk membeli minuman yang diinginkan
2.Menekan tombol minuman yang ingin dibeli
3.Tempel IC Card di tempat nomor ④
4.Ambil minuman yang keluar

Jika teman-teman tidak tahu berapa saldo IC Card, teman-teman bisa tahu setelah menempelkan IC Card kalian di tempat nomor ④.
 

 

Setelah membeli, teman-teman bisa memastikan sisa saldo IC Card kalian. Bisa terlihat bahwa saldo IC Card sudah dikurangi seharga minuman yang dibeli, yaitu sebanyak 130 yen.
 

 

【Harga Minuman di Mesin Penjual Otomatis.】

Kebanyakan minuman kaleng dijual seharga 120 yen (sekitar Rp 14.500) dan minuman botol dijual seharga 150 yen (sekitar Rp 18.000). Tetapi, teman-teman tetap bisa menemukan mesin penjual otomatis yang menjual minuman dengang harga murah seperti 100 yen (sekitar Rp 12.000) atau 80 yen (sekitar Rp 9.600). Walau begitu, mesin penjual otomatis seperti ini biasanya tidak menjual minuman dari perusahaan terkenal. Lalu, mesin penjual otomatis yang berada di tempat yang sulit dijangkau biasanya menjual minuman dengan harga yang lebih mahal dibandingkan mesin penjual otomatis di tempat biasa.

Related Post

Cara dan Biaya Mencari Tempat Tinggal di Jepang

19 2月 2024, 12.53 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Periksa informasi propert…

CONTINUE READING

Leave your comment