Wawancara dengan pekerja perusahaan Jepang di Indonesia(10)

26 6月 2016, 7.26 pm / By : Yasuyuki Miyashita

Pengalaman studi di luar negeri : Tidak ada
Level JLPT : N3
Pengalaman kerja : 3 Perusahaan
Pekerjaan : akuntasi
Kelamin : Perempuan

 

Selamat siang, lama tidak berjumpa. Terima kasih telah menyempatkan waktu di hari libur untuk wawancara ini. Langsung saja, Apa alasan anda bekerja di perusahaan Jepang?

Iya, Saya mempelajari Bahasa Jepang di universitas dan ingin mengembangkan kemampuan bahasa saya dengan bekerja dalam lingkungan yang membutuhkannya. Di sekitar Saya banyak orang yang melupakan Bahasa Jepang setelah lulus kuliah, sangat disayangkan.

 

Memang, padahal sudah menghabiskan uang dan waktu selama 4 tahun untuk belajar, sayang untuk dilupakan. Bagaimana anda menemukan pekerjaan anda sekarang?

Ketika mencari pekerjaan, Saya meng-upload CV dan pengalaman kerja di website penyedia lowongan kerja. Waktu itu Saya sedang sekolah Bahasa Jepang, tapi ada pekerjaan di website dan sensei Saya mengenalkan dengan perusahaan tersebut. Setelah itu, Saya mendapat kontak langsung di website dan menuju tahap wawancara. Mungkin hal ini sedikit berbeda dengan biasanya.

 

Begitu ya. Sepertinya banyak orang yang terlibat antara anda dan perusahaan pembuka lowongan. Anda memutuskan untuk menerima wawancara tersebut, mengapa anda memutuskan untuk memasukan lowongan di perusahaan ini?

Sebenarnya perusahaan tempat kerja saya sebelumnya sudah pasti akan ditutup, karena itu Saya harus mencari pekerjaan baru. Tentu saja, Saya juga mencoba memasukkan lowongan di tempat lain, tapi hanya diterima dan tidak sampai diperkerjakan di tempat lain.

 

Saya kira orang yang bisa Bahasa Jepang dan memiliki pengalaman kerja cukup langka, tapi ternyata persaingannya cukup ketat ya… Akhirnya anda bekerja di perusahaan sekarang, tapi sebelum anda mulai masuk kerja apa anda memiliki bayangan tentang perusahaan maupun pekerjaaan anda nantinya?

Atasan Saya sekarang adalah orang yang sebelumnya mewawancarai Saya, dan Saya merasa beliau adalah atasan yang baik hati. Cangkupan pekerjaan pun sama dengan pekerjaan Saya sebelumnya, akuntansi. Gaji Saya juga naik, dan ada asuransi kesehatan beserta uang tunjangan. Saya merasa perusahaan ini sangatlah bagus.

 

Begitu. Kalau di Jepang, perusahaan yang gaji dan tunjangannya baik kebanyakan adalah perusahaan-perusahaan besar, terbalik ya. Apa karena ini Indonesia, atau memang ada perbedaan dengan tenaga kerja yang dicari. Sangat menarik. Kalau begitu, bagaimana keadaanya setelah anda memulai bekerja?

Setelah masuk kerja, hal yang saya senangi adalah lingkungan kerja. Karena lingkup kerja termasuk kecil, jika anda mencoba bekerja di sini pasti akan merasa bahwa lingkungannya sangat nyaman. Jika tidak cocok dengan lingkungannya, mungkin Saya sudah pindah kerja dari dulu (tawa). Perusahaan ini mengharuskan untuk menulis laporan dengan Bahasa Jepang. Waktu baru masuk kerja Saya cukup kesulitan, tapi atasan dengan sabar mengajari Saya. Persis dengan bayangan Saya, atasan yang baik hati (tawa). Tapi karena Saya sudah terbiasa dengan pekerjaan di sini, mungkin tahun depan Saya akan mencari pekerjaan baru.

 

Saya rasa anda sudah puas dengan perusahaan maupun pekerjaan anda sekarang. Apa ada poin negatif dari tempat kerja ini?

Hal merepotkan dalam pekerjaan kali ini adalah peraturan perusahaan yang terlalu sedikit. Misalnya saja, tidak adanya penentuan dalam pemberkasan dokumen sehingga diperlukan cukup waktu untuk mencari dokumen yang diperlukan. Sebenarnya, perusahaan ini pernah kena pengawasan oleh kantor pajak. Waktu itu sangat susah untuk menemukan dokumen yang diminta oleh kantor pajak….

 

Hal itu dapat membuang banyak waktu. Image perusahaan pun akan menjadi buruk jika dokumen legal ada yang hilang…. Apa yang anda lakukan jika kesulitan lagi seperti ini?

Tentu saja Saya pernah mendiskusikannnya, tapi karena inilah cara kerja perusahaan, Saya berusaha untuk menyelesaikannya dengan cara yang ada. Terkadang jika sedang mencari dokumen, Saya berangan-angan ingin bekerja di perusahaan besar yang peraturannya sudah mantap (tawa).

 

Begitu ya (tawa). Pasti banyak kesulitan jika tidak ada peraturan yang pasti. Bagaimana dengan jam kerja dan jumlah pekerjaan, apa tidak ada masalah?

Perusahaan sekarang tidak ada lembur maupun kerja di hari libur, dan Saya rasa jumlah pekerjaannya sudah pas.

 

Enak ya tidak ada lembur! Ngomong-ngomong, apa ada paksaan untuk tetap berelasi di luar jam kerja?

Atasan sebelumnya sering mendengarkan request dari kami dan mengajak kami makan bersama. Tidak ada perasaan dipaksa, Saya malah senang (tawa). Tapi saya tidak terlalu senang ketika harus pergi makan bersama dengan pekerja dinas yang datang kemari. Rasanya berbeda dengan saat makan bersama teman dekat…

 

Memang ya. Saya juga tidak terlalu senang jika harus dipaksa berelasi di luar jam kerja, sehingga Saya sangat mengerti perasaan anda. Saya rasa anda puas dengan pekerjaan anda sekarang, tapi apa ada rencana untuk karir anda ke depannya?

Saya tidak terlalu tertarik dengan kesuksesan. Saya sudah puas dengan dapat bekerja menggunakan Bahasa Jepang dan lingkungan kerja yang bagus. Jika harus melakukan pekerjaan lain, Saya akan bekerja mengikuti saran teman Saya tentang pekerjaan yang menarik. Saya juga ingin mencoba menjadi sekretaris.

 

Anda tipe yang tidak punya banyak nafsu ya (tawa). Terakhir, mohon sepatah-dua patah kata untuk orang-orang yang ingin bekerja di perusahaan Jepang.

Saya pernah ditanya bagaimana bekerja di perusahaan Jepang, dan Saya selalu menjawab perusahaan Jepang itu disiplin, baik pekerjaan maupun waktunya. Setelah lulus dari universitas, Saya terus bekerja di Perusahaan Jepang karena itu Saya sudah terbiasa (tawa). Lalu Saya rasa semua orang Jepang itu baik hati. Saya senang dengan atasan Saya sebelumnya. Walau sudah kembali ke Jepang, beliau tetap menjalin kontak dengan semuanya.

 

Hubungan kerja yang sangat baik! Semoga suatu saat anda bisa pergi ke Jepang dan bertemu dengan atasan anda. Terima kasih telah menyempatkan waktu anda untuk wawancara hari ini.

Related Post

Leave your comment