Museum Luar Angkasa TeNQ

24 5月 2016, 9.23 pm / By : Admin

Selamat siang Sahabat すかSUKI, apa kabar? Dari sekian banyak sahabat すかSUKI, tentunya ada yang tertarik dengan benda langit, dan mempunyai keinginan yang besar untuk lebih mengetahui tentangnya. Untuk menjawab keinginan Sahabat すかSUKI, kali ini Kami akan berbagi pengalaman saat すかSUKI berkesempatan mengunjungi Museum Luar Angkasa TeNQ atau TeNQ Uchuu Museum.

Pintu Masuk TenQ

Kata “Ten” dari TeNQ sendiri memiliki beberapa arti dalam Bahasa Jepang, yakni天(Ten berarti langit), 展(Ten berarti pameran), dan点(Ten berarti titik). Sedangkan “Q” dari TeNQ memiliki banyak arti, yang diantaranya adalah “Quest”, “Question”, juga 球 (Kyuu berarti bulat). Dari nama ini dapat dipahami bahwa, TeNQ memiliki tujuan untuk menyajikan pengetahuan dan jawaban dari pertanyaan tentang luar angkasa.

Museum ini dapat dijangkau dengan mudah, cukup naik kereta di Jalur Sobu menuju Stasiun Suidobashi. Sesampainya di Suidobashi, sahabat すかSUKI bisa langsung bertanya kepada petugas stasiun, di manakah letak museum TeNQ. Letak Museum ini berdekatan dengan Tokyo Dome, sangat mudah untuk ditemukan. Tiket masuk bisa dipesan sehari atau dua hari sebelumnya, dengan harga 1600 yen untuk orang dewasa dan 1000 yen untuk anak-anak berumur 4-12 tahun atau manula berumur 65 tahun ke atas. Tiket juga bisa dibeli langsung di tempat, dengan harga sedikit lebih mahal.

Museum ini terbagi menjadi tujuh ruangan, di mana masing-masing ruangan memiliki keunikan tersendiri. Ruangan pertama adalah pintu masuk. Sambil pengecekan tiket masuk dilakukan, sahabat akan disambut dengan display menarik yang akan menarik minat kita terhadap luar angkasa. Selanjutnya, memasuki ruangan kedua yakni terowongan gelap yang disebut Tunnel Zero. Sahabat すかSUKI tidak perlu khawatir karena perjalanan kita akan dipandu oleh Guide, serta adanya lampu penerang di sekitar kaki kita sebagai penuntun jalan.

Dari sana kita akan memasuki ruangan ketiga yang bernama Hajimari no Heya atau The Room of Beginning. Ruang dengan luas kurang lebih 20 meter persegi, dengan ketinggian 4,5 meter dimana hampir semua bagian dindingnya ditempeli dengan proyeksi mapping, sehingga kita seolah olah melihat layar bioskop yang sangat lebar. Pada proyeksi mapping tersebut kita akan melihat penayangan berbagai macam sejarah awal terbentuknya bumi, benda langit, penemuan-penemuan zaman dahulu, dan berbagai macam hal lainnya. Penanyangan ini berdurasi sekitar 20 menit.

Ruangan selanjutnya adalah ruangan bernama Theater Sora atau Theater Langit. Ruangan ini menyajikanpemandangan langit yang tidak biasa dan sangat menakjubkan. Proyeksi mapping berbentuk bulatan di bawah kaki kita akan menyajikan gambaran luar angkasa yang indah, seakan-akan kita sendiri sedang berada di luar angkasa sana.

Ruangan Sains1

Ruangan Sains2

Ruangan Sains4

Ruangan ke lima adalah Ruang Sains. Disini kita bisa melihat hal yang sedang atau dalam penelitian para ahli peneliti. Di sini terdapat ruangan khusus yang dibuat dengan kerjasama Universitas Tokyo. Di ruangan ini kita juga bisa melihat dan menyentuh secara langsung bagian asli dari batu meteor yang ukurannya sangat kecil.

Ruang Imajinasi1

Ruang Imajinasi2

Ruang Imajinasi7

Ruangan keenam adalah Ruangan Imajinasi. Di ruangan ini terdapat berbagai macam permainan yang berbau sains, seperti mengamati bintang lewat teropong, sambil berimajinasi dan menyusun puzzle, memasukan bola kedalam lubang sebagai simulasi landaskan roket yang di gerakkan oleh komputer, dimana kita berperan sebagai pilotnya. Di sini juga terdapat baju astronaut yang digantung dilangit langit.

Ruangan terakhir berupa Exhibitions atau tempat pameran, dimana kita bisa berfoto dengan patung alien, bepose diatas bulan buatan, dan masih banyak lagi. Di sini juga kita bisa melihat bagaimana tapak kaki kita ada di bulan dengan tekhnologi canggih jepang. Di dekat pintu keluar dijual berbagai macam merchandise berupa makanan untuk orang luar angkasa, gantungan kunci, tas, baju dan lainnya.

website TeNQ(bahasa Inggris) http://www.tokyo-dome.co.jp/tenq/e/

Related Post

Leave your comment